INTERNALISASI NILAI-NILAI ASWAJA DALAM MENANGKAL RADIKALISME (Studi Multi Situs Di MADarulFalahSumbergempolTulungagung Dan MAAswajaNgunut Tulungagung)

ADAM MUTTAQIN, 17506164002 (2019) INTERNALISASI NILAI-NILAI ASWAJA DALAM MENANGKAL RADIKALISME (Studi Multi Situs Di MADarulFalahSumbergempolTulungagung Dan MAAswajaNgunut Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (331kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (598kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text
DAFTRA RUJUKAN.pdf

Download (221kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis yang berjudul "Internalisasi Nilai-Nilai ASWAJA dalam Radikalisme Menangkal (Studi Multisitus di MA Darul Falah Sumbergempol Tulungagung dan MA ASWAJA Ngunut Tulungagung)", ditulis oleh Adam Muttaqin, NIM. 17506164002. Program Pascasarjana Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof.Dr.H. Achmad Patoni, M.Ag. dan Dr.H. Nur Efendi, M.Ag Kata kunci: Internalisasi, Nilai Aswaja, Radikalisme Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya perkembangan kelompok-kelompok Islam radikal yang berusaha mengacaukan bangunan-bangunan Islam yang ada. Wajah-wajah Islam yang humanis dan toleran dihancurkan oleh konsep-konsep agama yang mereka bawa, mereka menampilkan wajah yang eksklusif dan kaku dan tidak ragu untuk melakukan kekerasan untuk mencapai tujuan mereka. Keberadaan organisasi keagamaan diharapkan dapat mendukung perkembangan kelompok Islam radikal ini. Nahdlatul Ulama yang adalah Ahlussunnah wal Jamaah dan salah satu organisasi keagamaan terbesar dan tertua di Indonesia diharapkan untuk mengatasi fenomena radikalisme ini. Untuk mengetahuinya, peneliti merumuskan pertanyaan-pertanyaan penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana konsep nilai-nilai Aswaja dalam mencegah radikalisme di MA Darul Falah Sumbergempol Tulungagung dan MA ASWAJA Ngunut Tulungagung. (2) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai Aswaja dalam mencegah radikalisme di MA Darul Falah Sumbergempol Tulungagung dan MA ASWAJA Ngunut Tulungagung. (3) Bagaimana hasil internalisasi nilai-nilai Aswaja dalam mencegah radikalisme di MA Darul Falah Sumbergempol Tulungagung dan MA ASWAJA Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik paparan informan, dengan temuan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan analisis dokumentasi. Mengingat bahwa penelitian dilakukan di lebih dari satu situs (multi-situs), maka, pertama-tama data yang dikumpulkan akan dianalisis secara individual, setelah itu, analisis data lintas-situs akan dilakukan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa mengajarkan nilai-nilai Aswaja untuk menangkal radikalisme dilakukan sebagai berikut: (1) nilai-nilai yang diinternalisasikan dalam menangkal radikalisme di MA Darul Falah Sumbergempol Tulungagung dan MA ASWAJA Ngunut Tulungagung adalah Tawasut dan I’tidal, Tamasuh, Tawazun, Amar Ma’ruf nahi Munkar, hubbu al Wathon (2) Proses menciptakan nilai-nilai Aswaja dilakukan melalui instruksi kelas, pembiasan, dan penciptaan lingkungan (3) Hasil yang dicapai menyatakan bahwa pemahaman siswa tentang nilai-nilai Aswaja meningkat, dan mereka dapat menggabungkan nilai-nilai itu ke dalam perilaku sehari-hari. .

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17506164002 ADAM MUTTAQIN
Date Deposited: 25 Jul 2019 03:44
Last Modified: 25 Jul 2019 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12404

Actions (login required)

View Item View Item