PENGARUH MEDIA PERMAINAN PUZZLE HURUF TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI PADA ANAK USIA TK A DI TK AL HIDAYAH KARANGBENDO PONGGOK BLITAR

KURNIA NURAFIFAH, 17206153028 (2019) PENGARUH MEDIA PERMAINAN PUZZLE HURUF TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI PADA ANAK USIA TK A DI TK AL HIDAYAH KARANGBENDO PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (938kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (479kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (141kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Permainan Puzzle Huruf Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Pada Anak Usia TK A di TK Al-Hidayah Karangbendo Ponggok Blitar” ini ditulis oleh Kurnia Nurafifah, NIM. 17206153028, jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, tahun 2019 pembimbing Khoirul Anam M.Pd.I. Kata kunci : Permainan puzzle huruf, Membaca dan menulis. Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya media untuk pembelajaran dalam pendidikan yang saat ini dihadapkan pada zaman dimana persyaratan sekolah ke jenjang atasnya untuk mampu membaca dan menulis. Oleh sebab itu, perlunya pembelajaran sejak dini menggunakan media yang tepat untuk anak usia dini. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh media permainan puzzle huruf berpengaruh terhadap kemampuan membaca pada anak usia TK A di TK Al Hidayah Karangbendo Ponggok Blitar? (2) Adakah pengaruh media permainan puzzle huruf berpengaruh terhadap kemampuan literasi menulis pada anak usia TK A di TK Al Hidayah Karangbendo Ponggok Blitar? (3) Adakah pengaruh media permainan puzzle huruf berpengaruh terhadap kemampuan literasi membaca dan menulis pada anak usia TK A di TK Al Hidayah Karangbendo Ponggok Blitar? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh media permainan puzzle huruf terhadap kemampuan literasi membaca dan menulis pada anak usia TK A di TK Al Hidayah Karangbendo Ponggok Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan Quasi Eksperimental lokasi penelitiannya di TK Al Hidayah Karangbendo Ponggok Blitar. Dalam pengumpulan data menggunakan obsevasi, tes, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data menggunakan uji hipotesis Mann-Whitney dan uji Effect size. Hasil penelitian mengungkapkan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, sehingga Sig. < 0,05. Hipotesis diterima artinya bahwa permainan puzzle huruf memiliki pengaruh terhadap kemampuan literasi membaca dan menulis pada anak usia TK A di TK Al Hidayah Karangbendo Ponggok Blitar, dan besar pengaruhnya adalah 62% termasuk dalam kategori kua

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206153028 KURNIA NURAFIFAH
Date Deposited: 24 Jul 2019 07:08
Last Modified: 24 Jul 2019 07:08
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12393

Actions (login required)

View Item View Item