PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI

MA’RIFATUL KHOIRUL NISA’, 17204153116 (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (780kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (452kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Pembelajaran Poster Session Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Sultan Agung Jabalsari” yang ditulis oleh Ma’rifatul Khoirul Nisa’ NIM. 17204153116, pembimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Poster session, Keaktifan, Prestasi Belajar Kurangnya keaktifan siswa terhadap pelajaran matematika merupakan salah satu masalah yang terjadi dilembaga pendidikan. Hal tersebut disebabkan siswa mengangga bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dan menakutkan. Selain itu, guru masih menerapkan model pembelajaran konvensional yang menyebabkan siswa merasa bosan dan jenuh ketika pembelajaran matematika. Dari beberapa permasalahan yang ada dilapangan mengakibatkan kurangnya keaktifan siswa terhadap pelajaran matematika dan rendahnya prestasi belajar matematika siswa. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi model pembelajaran yang efektif yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pelajaran matematika. Inovasi tersebut adalah strategi pembelajaran poster session. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran poster session terhadap keaktifan siswa MTs Sultan Agung Jabalsari (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran poster session terhadap prestasi belajar matematika siswa MTs Sultan Agung Jabalsari (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran poster session terhadap keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa MTs Sultan Agung Jabalsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Sultan Agung Jabalsariyang terdiri dari dua kelas. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan sampling purposive. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas yakni kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Ada pengaruh model pembelajaran poster session terhadap keaktifan belajar dengan taraf Sig. 0,001 < 0,05, (2) Ada pengaruh model pembelajaran poster session terhadap hasil belajar dengan taraf Sig. 0,014 < 0,05, (3) Ada pengaruh model pembelajaran poster session terhadap keaktifan dan hasil belajar dengan taraf Sig. 0,001 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153116 MA’RIFATUL KHOIRUL NISA’
Date Deposited: 25 Jul 2019 03:54
Last Modified: 25 Jul 2019 03:54
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12359

Actions (login required)

View Item View Item