PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI MA DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG

IMAM SYAFI`I, 17209153009 (2019) PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI MA DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (301kB)

Abstract

ABSTRAK: Skripsi dengan judul” Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung” ini di tulis oleh Imam Syafi`i Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung. Pembimbing: Drs.H. Jani.MM. M,Pd. Kata kunci:Konstruktivisme,Motivasi dan Hasil Belajar. Pembelajaran merupakan jantung dari proses pendidikan dalam suatu institusi pendidikan. Dewasa ini, banyak sekali permasalahan yang terdapat di dalam sebuah proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Peneliti menemukan masalah-masalah yang terjadi ketika proses pembelajaran IPS Mapel sejarah berlangsung dengan materi “Pra Aksara” Permasalahan tersebut muncul ditandai dengan adanya gejala pemahaman awal yang dimiliki siswa rendah, keinginan siswa untuk belajar masih rendah, siswa jarang bertanya, kurangnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, serta siswa seringkali tidak menyadari adanya permasalahan sosial di sekitarnya.Dalam pembelajaran IPS, nilai untuk membangun kesadaran diri dalam bersikap dan dalam menjaga lingkungan sangatlah penting untuk dikembangkan dalam setiap diri siswa. Rumusan masalah yaitu:1)Bagaimana Pengaruh pendekatan pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Hasil belajar Siswa kelas X MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung tahun ajaran 2018-2019. 2)Bagaimana Pengaruh Motivasi terhadap Hasil belajar siswa kelas X MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung tahun ajaran 2018-2019? 3)Bagaimana Besar Pengaruh pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar siswa kelas X MA Darul Hikmah Ta-wangsari Tulungagung tahun ajaran 2018-2019. Tujuan penelitian adalah:1) Untuk mengetahui Pengaruh pendekatan pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Hasil belajar Siswa kelas X MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung tahun ajaran 2018-2019? .2) Untuk mengetahui Bagaimana Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung tahun ajaran 2018-2019?.3)Untuk mengetahui Bagaimana Besar Pengaruh pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar siswa kelas X MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung tahun ajaran 2018-2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian Korelational Eksperimental Design. Penelitian dilakukan di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung, dimana populasi adalah kelas X IPS. Sedangkan sampling yang digunakan yaitu teknik Purposive Sampling dikenal juga dengan sampling pertimbangan. Kelas yang digunakan untuk sampel yaitu kelas X A IPS dan kelas X B IPS . Dalam penelitian ini teknik pengumpulaan data menggunakan post test, Angket motivasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis stastisik dengan Uji prasyarat ( Uji Normalitas, Uji Homogenitas), uji T-test , dan UJI ANOVA. Berdasarkan hasil pegujian hipotesis diketahui bahwa uji hipotesis Berdasarkan analisis data menggunakan SPSS 21 nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu kelas XA IPS sebesar 85,94 dengan jumlah responden sebanyak 31 siswa. Rata-rata pada kelas kontrol yaitu kelas XB IPS sebesar 80,22 dengan jumlah responden sebanyak 32 siswa dan nilai t-hitung = 0,694 Nilai sig.(2-tailed) dari tabel diatas sebesar 0.000 yang berarti < 0.05 sehinga Hal ini membuktikan “Ada Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas X Ma Darul Hikmah. Besarnya Rata-Rata Pengaruh masing-masing Variabel dengan rincian sebagai berikut: a)Besarnya Rata-Rata Pengaruh pendekatan Konstruktivisme Sebesar 85.94. b)Besarnya Rata-Rata Pengaruh Motivasi Sebesar 103.55. c)Besarnya Rata-Rata Pengaruh pendekatan Konvensional Sebesar 80.47. d)Besarnya Rata-Rata Pengaruh Motivasi Sebesar 97.16. Dengan Demikian Maka Secara Deskriptif Dapat Disimpulkan dari Data di atas yang memiliki Rata-Rata Pengaruh Tertinggi Adalah Motivasi Belajar Sebesar 103,55.Sehingga Motivasi Memiliki Dampak Pengaruh Yang sangat Besar Terhadap Proses Pembelajaran dan Siswa dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209153009 imam syafi`i
Date Deposited: 23 Jul 2019 08:30
Last Modified: 23 Jul 2019 08:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12358

Actions (login required)

View Item View Item