IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA DI SMA NEGERI 1 PAKEL TULUNGAGUNG

YUNA WIRUL FITRIANI, 17201153073 (2019) IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA DI SMA NEGERI 1 PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (703kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (561kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (60kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Teori Belajar Humanistik dalamPembelajaran PAI terhadap Akhlak Siswa di SMA Negeri 1 Pakel Tulungagung” ini ditulis oleh Yuna Wirul Fitriani, NIM. 17201153073. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Institut Agama Islan Negeri (IAIN) Tulungagung.Pembimbing : Dr. Agus Zainul Fitri, M.Pd, NIP. 19810801 200912 1 004 Kata Kunci : Implementasi, Teori Belajar Humanistik, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Akhlak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena, bahwa Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Pakel Tulungagung, pembelajarannya tidak diktator (guru bertanya kepada siswa, kemudian siswa tidak bisa menjawab pertanyaan dari guru. sendiri kemudian siswa menjadi bahan kesalahan di kelas) bersifat otoriter, guru PAI di sini tidak pernah menghukum peserta didik dengan hukuman fisik non pendidikan. Tetapi hukumannya bersifat mendidik, misalkan mengerjakan portofolio, membuat ringkasan. Kemudian dalam kegiatan keagamaan yang termasuk tidak memanusiakan manusia adalah kegiatan yang merasa membebani peserta didik. Yang tidak membebani itu misalnya kegiatan keagamaan shalat dhuhur berjama’ah (kultum), shalat jum’at, dan sholawatan. Dalam hal ini peneiti menghubungkan masalah teori humanistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan dampaknya terhadap akhlak siswa di SMA Negeri 1 Pakel Tulungagung, sehingga penelitian ini berjalan dengan sukses. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimanakah tahap-tahap implementasi teori belajar Humanistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa di SMA Negeri 1 Pakel Tulungagung? 2) Bagaimanakah proses pelaksanaam teori belajar Humanistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa di SMA Negeri 1 Pakel Tulungagung? 3) Bagaimanakah dampak teori belajar Humanistik terhadap akhlak siswa SMA Negeri 1 Pakel Tulungagung?. Metode penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif, Penelitian kualitatif berdasarkan fenomena yang ada, peneliti sebagai instrumen utama, dan penelitiannya bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan data penelti menggunakan metode obsevasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Ketiganya merupakan komponen yang tidak bisa terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajianan data, dan penarikan kesimpulan. Dalam menetapkan keabsahandata dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dan untuk mencapai tujuan tersebut di adakan penelitian di lapangan. Hasil penelitian ini adalah 1)Tahap-tahap Implementasi Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Pakel Tulungagung : a) Menentukan tujuan pembelajaran secara jelas. b) Mengidentifikasi kemampuan yang dimiliki setiap siswa. c) Merancang dan menyediakan media dan fasilitas Sebelum pembelajaran. d) Membimbing siswa belajar secara aktif. e) Membimbing siswa memahami makna pengalaman belajarnya. f) Membimbing siswa membuat konseptulasi hasil pengalman belajar. g) Menerapkan konsep pada dunia nyata. h) Membimbing siswa mengevaluasi proses dan hasil belajar. 2) Proses Pelaksanaan Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam : a) Memperhatikan kondisi kelas apakah sudah siap atau belum untuk memulai pelajaran. b) Guru merespon perasaan peserta didik. c) Siswa menyampaikan pendapat yang mereka ketahui dan guru merespon dengan baik. d) Guru berdialog dan berdiskusi dengan siswa tanpa ada rasa takut. e) Siswa merespon dengan baik saat diskusi di kelas berlangsung dan menyimpulkan apa yang di pahami ketika temannya menjelaskan materi di depan kelas. f) Guru tersenyum pada siswa. 3) Dampak Implementasi Teori Belajar Humanistik terhadap Akhlak Siswa : a) Siswa merasa senang dan antusias mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam. b) Siswa merasa bersemangat saat diskusi berlangsung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153073 YUNA WIRUL FITRIANI
Date Deposited: 23 Jul 2019 07:36
Last Modified: 23 Jul 2019 07:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12354

Actions (login required)

View Item View Item