PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG

DENNA LORENZA, 17201153340 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (574kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK DENNA LORENZA (17201153340). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Handout Terhadap hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung”. Skripsi Jurusan PAI, Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan, Isntitut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2019. Pembimbing: Dr. Sokip, M.Pd.I Kata Kunci: Numbered Head Together (NHT), Handout, Hasil Belajar Hasil belajara adalahh perubahan tingkah laku yang diperoleh peserta didik setelah melakukan kegiatan pembelajaran yang mencakup ranah kognitif, afektif, psikomotorik. Hasil belajar dapat dilihat dari sikap, keterampilan, pengetahuan yang dimiliki oleh pembelajaran setelah mengalami proses belajar. Salah satu yang menjadi faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru didalam kelas saat kegiatan belajar mengajar.Banyak sekali model yang bisa diterapkan oleh guru untuk merangsang siswa supaya lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran PAI yang membuat siswa lebih aktif adalah dengan model pembelajaran Numbered Head Ttogehter, dimana model pembelajaran tersebut lebih melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa terkecuali. Selain model pembelajaran, media pun juga ikut berperan aktif saat proses pembelajaran. Salah satu media yang tepat dalam model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) adalah media handout. Media handout adalah bahan tertulis berupa selembaran yang disiapkan oleh seorang guru untuk memperkaya pengetahuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media handout terhadap pemahaman PAI siswa kelas VIII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung. (2) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media handout terhadap sikap PAI siswa kelas VIII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung. (3)Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media handout terhadap ketrampilan PAI siswa kelas VIII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi exsperimental design (eksperimensemu) dengan pola nonequivalent control group design yang menggunakan 2 kelas yaitu kelas eksperiment VIII E dan kelas kontrol VIII F. sampel berjumlah 32 siswa untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe Numbered Head together (NHT) dan 31 siswa untuk kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes ranah kognitif yang berjumlah 10 soal essay, penilaian afektif, dan penilaian psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tike Numbered Head Together (NHT) dengan media handout terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung dengan nilai Sig. (2-tailed) 0.025 pada taraf signifikan<0.05. (2) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tike Numbered Head Together (NHT) dengan media handout terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung dengan nilai Sig. (2-tailed) 0.012 pada taraf signifikan <0.05. (3) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media handout terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung dengan nilai Sig. (2-tailed) 0.002 padataraf signifikan <0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153340 DENNA LORENZA
Date Deposited: 24 Jul 2019 07:46
Last Modified: 24 Jul 2019 07:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12351

Actions (login required)

View Item View Item