STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS DI MI MIFTAHUL FALAH SUKOREJO KARANGREJO TULUNGAGUNG

PUTRI HAEAL ARIS INDRAWATI, 17205153315 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS DI MI MIFTAHUL FALAH SUKOREJO KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (502kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (183kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (988kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Inquiry dalam Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik di MI Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Putri Haeal Aris Indrawati, NIM. 17205153315. Jurusan Pendidikan Guru Ibtida’iyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj Binti Maunah, M. Pd. I. Kata Kunci: Pembelajaran Inquiry Pembelajaran Inquiry merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang menemukan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Tujuan dari pembelajaran inquiry adalah siswa diajak untuk berpikir, memecahkan masalah dan menemukan sesuatu melalui pengalamannya, dengan demikian dalam pembelajaran inquiry siswa tidak hanya dituntut agar menguasai materi pelajaran, akan tetapi bagaimana mereka dapat menggunakan kemampuan yang dimilikinya secara optimal. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pembelaj aran Inquiry Terbimbing dalam Menumbuhkan Kreativitas di MI Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulungagung? (2) Bagaimana Pembelajaran Inquiry Bebas dalam Menumbuhkan Kreativitas di MI Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulungagung? (3) Bagaimana Pembelajaran Inquiry Bebas dimodifikasi dalam Menumbuhkan Kreativitas di MI Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulungagung? Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, sajian data, verifikasi data dan simpulan data. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi data, perpanjangan waktu, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pembelajaran inquiry terbimbing dalam menumbuhkan kreativitas memiliki keunggulan dalam hal meningkatkan kreativitas siswa terhadap pelajaran. Pembelajaran inquiry terbimbing memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kreativitas dengan model pembelajaran langsung. Siswa bisa berpikir kreatif dengan kemmapuannya sendiri namun tetap dengan bimbingan dari guru, disini guru tugasnya hanya sebagai fasilitator. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari dan menemukan sendiri fakta, konsep dan mendapatkan pengalaman secara langsung sehingga proses pembelajaran menjadi optimal. (2) Pembelajaran inquiry bebas dalam menumbuhkan kreativitas membuat siswa mampu mengembangkan kemampuannya dalam melakukan proses pembelajaran yang kreatif. Guru hanya mengontrol dan menyarankan serta mendorong siswa untuk mengkomunikasikan sehingga dapat bermanfaat bagi semua siswa di dalam kelas. Siswa dimotivasi untuk mengemukakan gagasan dan merancang, untuk itu siswa diberi motivasi untuk melatih kreativitas berpikir aktif. Guru berperan dalam mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan. (3) Pembelajaran inquiry bebas dimodifikasi dalam menumbuhkan kreativitas merupakan langkah yangdigunakan siswa untuk menyelesaikan permasalahan yang dikemukakan oleh guru. Siswa memiliki kebebasan pemecahan masalah yang dikemukakan oleh guru, dalam menggunakan pembelajaran inquiry bebas dimodifikasi ini siswa dituntut agar dapat berpikir secara kreatif dan integratif terhadap masalah yang ada.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153315 PUTRI HAEAL ARIS INDRAWATI
Date Deposited: 26 Jul 2019 04:02
Last Modified: 26 Jul 2019 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12346

Actions (login required)

View Item View Item