IMPLEMENTASI BUDAYA 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) DAN PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS SISWA SD NEGERI 03 KETANON KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

MEGA NAILIYA MAWADDAH, 17205153348 (2019) IMPLEMENTASI BUDAYA 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) DAN PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS SISWA SD NEGERI 03 KETANON KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (954kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (317kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (262kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dan Penanamkan Nilai Karakter Religius Siswa SD Negeri 03 Ketanon Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Mega Nailiya Mawaddah, NIM. 17205153348, pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci : Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), Nilai Karakter Religius. Ketertarikan peneliti mengambil judul skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa sekolah ini memiliki jumlah siswa yang begitu sedikit karena kurangnya minat masyarakat untuk menitipkan anaknya menuntut ilmu di sekolah ini. Hal ini disebabkan karena banyak berdirinya lembaga sekolah swasta yang berbasis Islam dengan jarak yang lumayan dekat dengan lembaga sekolah ini. Sehingga masyarakat sekitar lebih memilih untuk mendaftarkan sekolah anaknya di lembaga sekolah yang berbasis Islam. Dan peneliti tertarik untuk meneliti bahwa bagaimana metode yang digunakan supaya sekolah ini mampu bersaing dengan lembaga sekolah yang berbasis Islam. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter dalam menanamkan nilai karater religius siswa SD Negeri 03 Ketanon? (2) Bagaimana implementasi budaya 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) di SD Negeri 03 Ketanon? (3) Bagaimana metode yang digunakan untuk menanamkan nilai karakter religius siswa melalui budaya 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) di SD Negeri 03 Ketanon? Adapun yang menjadi tujuan peneliti adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter dalam menanamkan nilai karater religius siswa SD Negeri 03 Ketanon (2) Untuk mengetahui bagaimana implementasi budaya 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) di SD Negeri 03 Ketanon (3) Untuk mengetahui bagaimana metode yang digunakan untuk menanamkan nilai karakter religius siswa melalui budaya 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) di SD Negeri 03 Ketanon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif adapun pendekatannya yakni pendekatan kualitatif, lokasi penelitiannya bertempat di SDN 03 Ketanon Kedungwaru Tulungagung, sumber data dari penelitian ini melalui tiga unsur yaitu person, place, paper, metode pengumpulan datanya juga terdiri dari tiga cara yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan Uji derajat kepercayaan (Credibility), Uji keteralihan (Transferability), Uji kebergantungan (Dependability), Uji kepastian (Confirmability).Hasil dari penelitian ini adalah (1) penanaman nilai karakter religius dilaksanakan dengan kegiatan sholat berjamaah di sekolah, mengikutsertakan peserta didik dalam lomba keagamanaan, pembiasaan doa ketika memulai dan mengakhiri pembelajaran, pembelajaran mengenai baca tulis Al-Quran, kegiatan infaq dan pemberian sumbangan kepada korban bencana alam serta pelaksanaan pondok Ramadhan dan zakat ketika memasuki bulan Ramadhan (2) Implementasi budaya 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) dilaksanakan dalam berbagai kegiatan seperti mengucapkan salam ketika hendak masuk kelas, selalu mengucapkan salam sambil berjabat tangan dengan guru ketika datang dan pulang sekolah, selalu bertegur sapa dengan teman maupun guru, selalu meminta izin kepada guru apabila hendak meninggalkan kelas, bertutur kata yang sopan serta berperilaku yang baik. (3) Metode atau cara yang digunakan dalam menanamkan nilai karakter religius siswa melalui budaya 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) adalah metode pembiasaan, metode nasehat, metode perhatian, metode keteladanan, dan metode hukuman.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153348 MEGA NAILIYA MAWADDAH
Date Deposited: 26 Jul 2019 03:14
Last Modified: 26 Jul 2019 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12345

Actions (login required)

View Item View Item