PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TEORI APOS (ACTION, PROCESS, OBJECT, SCEME) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII-G SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

ANNA SAYIDATY VIRDANISMAYA, 17204153275 (2019) PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TEORI APOS (ACTION, PROCESS, OBJECT, SCEME) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII-G SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (99kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemahaman Konsep Matematis Siswa berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object, Scheme) pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII G SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Anna Sayidaty Virdanismaya, NIM. 17204153275, pembimbing Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Teori APOS, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika salah satu faktor penyebabnya yaitu kurangnya pemahaman awal siswa terhadap konsep matematika itu sendiri. Jika siswa tidak memahami konsep sebelumnya dengan baik, maka sebagian besar siswa akan berhenti dalam pengerjaan proses ke langkah berikutnya. Pembelajaran matematika, terutama pembelajaran tentang pemahaman konsep matematika merupakan hasil konstruksi atau rekonstruksi dari objek-objek matematika yang dilakukan melalui aktivitas aksi, proses, dan objek yang dikoorsinasi dalam suatu skema atau yang disebut dengan teori APOS. Oleh karena itu peneliti menganalisis pemahaman konsep matematis siswa menggunakan teori APOS. Berkenaan dengan penjelasan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa berkemampuan tinggi berdasarkan teori APOS pada materi SPLDV kelas VIII-G SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2018/2019, (2) Untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa berkemampuan sedang berdasarkan teori APOS pada materi SPLDV kelas VIII-G SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2018/2019, (3) Untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa berkemampuan rendah berdasarkan teori APOS pada materi SPLDV kelas VIII-G SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun lokasi penelitian yang dipilih adalah SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung dengan subjek penelitian diambil 6 siswa berdasarkan hasil kemampuan akademis siswa yaitu 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa berkemampuan rendah. Data yang dikumpulkan adalah data hasil tes dan wawancara dengan subjek. Analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu: (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, dan (3) Penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik pemeriksaan yaitu: (1) Ketekunan/keajegan pengamatan, (2) Triangulasi, dan (3) Pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan Teori APOS, yaitu: Siswa berkemampuan tinggi mampu memenuhi semua indikator pada tahap aksi, proses, objek, dan skema dengan baik. Sedangkan siswa berkemampuan sedang mampu memenuhibeberapa indikator pada tahap aksi, proses, objek, dan skema. Dan siswa berkemampuan rendah hanya mampu memenuhi beberapa indikator pada tahap aksi dan proses.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: SKRIPSI 17204153275 ANNA SAYIDATY VIRDANISMAYA
Date Deposited: 23 Jul 2019 03:01
Last Modified: 23 Jul 2019 03:01
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12329

Actions (login required)

View Item View Item