PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP NEGERI 2 KRAS KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019

CANDRA BIRAWAN, 17204153166 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP NEGERI 2 KRAS KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (503kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (557kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (450kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (693kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (604kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (437kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (99kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul“Pengaruh Model Pembelajaran Knisley Terhadap Pemahaman Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 2 Kras Kediri Tahun Ajaran 2018/2019” ditulis oleh Candra Birawan, NIM. 17204153166 pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Knisley, Pemahaman Matematika Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman matematika peserta didik dalam menyelesaikan masalah mengenai pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena pembelajaran lebih banyak didominasi oleh guru, sehingga mengakibatkan peserta didik kurang memahami materi. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mendorong pemahaman peserta didik dalam belajar, salah satunya yaitu model pembelajaran Knisley. Melalui model pembelajaran Knisley, pembelajaran akan lebih menarik karena dalam belajar peserta didik lebih aktif sehingga pemahaman matematika pesrta didik dapat meninggkat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Knisley terhadap pemahaman matematika peserta didik kelas VIII SMP materi pokok bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 2 Kras Kediri tahun ajaran 2018/2019, (2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Knisley terhadap pemahaman matematika peserta didik kelas VIII SMP materi pokok bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 2 Kras Kediri tahun ajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 2 Kras. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Jenuh. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Data penelitian yang diambil dari hasil nilai Post-Test, kemudian dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil Penelitian yang diperoleh adalah:(1) ada pengaruh model pembelajaran Knisley terhadap pemahaman matematika peserta didik kelas VIII SMP materi pokok bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 2 Kras Kediri tahun ajaran 2018/2019, (2) Besar pengaruh model pembelajaran Knisley terhadap pemahaman matematika peserta didik kelas VIII SMP materi pokok bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 2 Kras Kediri tahun ajaran 2018/2019 sebesar0,498 dan masuk dalam kategori cukup.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153166 CANDRA BIRAWAN
Date Deposited: 23 Jul 2019 04:33
Last Modified: 23 Jul 2019 04:33
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12312

Actions (login required)

View Item View Item