STRATEGI PENGUATAN (REINFORCEMENT) GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

AMALA ZAIN INTAN JADIDAH, 17205153044 (2019) STRATEGI PENGUATAN (REINFORCEMENT) GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan jupul “Strategi Penguatan (Reinforcement) yang diberikan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar” ini ditulis oleh Amala Zain Intan Jadidah, Nim. 17205153044, Pembimbing Dr. Nurul Chojimah, M.Pd. Kata Kunci: Penguatan (Reinforcement), Motivasi belajar Dalam meningkatkan motivasi belajar ada strategi yang dapat diterapkan oleh guru yaitu dengan memberikan penguatan (Reinforcement) yang tepat kepada peserta didik. Dengan memberikan penguatan, peserta didik merasa dihargai segala usaha dan juga prestasinya. Salah satu tujuan dari diberikannya reinforcement adalah untuk membangkitkan dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, karena peserta didik akan belajar dengan sungguh-sungguh apabila memiliki motivasi yang tinggi, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru harus mampu membangkitkan motivasi belajar peserta didik sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung lebih efektif dan optimal salah satunya dengan memberikan penguatan (reinforcement) kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang strategi penguatan (reinforcement) dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Adapun fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana bentuk strategi penguatan (reinforcement) yang diberikan guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar?; (2) Bagaimana respon siswa terhadap penguatan (reinforcement) yang diberikan guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru kelas IV. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan perwakilan siswa kelas IV. Objek penelitian ini berupa strategi penguatan (reinforcement). Setting penelitian mengambil tempat di kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi teknik, dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah membiasakan mengajar dengan memberi penguatan dalam pembelajaran yang mencakup penguatan verbal dan penguatan non verbal. Penguatan verbal diterapkan dengan memberikan pujian dengan diksi dan kalimat. Penguatan non verbal diterapkan dilakukan dengan gerakan mimik dan gerakan badan, penguatan dengan sentuhan, penguatan melalui kegiatan yang menyenangkan, penguatan berupa simbol atau benda, danpenguatan tak penuh. Selain itu, guru juga menerapkan cara penggunaan penguatan dalam pembelajaran yang mencakup penguatan kepada pribadi tertentu, penguatan kepada kelompok, pemberian penguatan dengan segera, dan variasi dalam penggunaan penguatan. Respon peserta didik terhadap penguatan juga dapat dilihat dari sikap belajar peserta didik dan minat belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153044 AMALA ZAIN INTAN JADIDAH
Date Deposited: 22 Jul 2019 08:07
Last Modified: 22 Jul 2019 08:07
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12305

Actions (login required)

View Item View Item