Upaya Guru Dalam Mengembangkan Sikap Keberagamaan Siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung

Mohamad, Toha (2012) Upaya Guru Dalam Mengembangkan Sikap Keberagamaan Siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
Daftar Rujukan.docx

Download (22kB)
[img] Text
13. ABSTRAK.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (64kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (92kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Upaya guru pendidikan agama islam, sikap keberagamaan siswa. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena kurangnya pengaplikasian ilmu pendidikan agama anak dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu guru harus berusaha agar anak didiknya mau mengaplikasikan ilmu pendidikan agama islam dalam kehidupan sehari-harnya. Dalam hal ini penulis mendiskripsikan upaya guru dalam mengembangkan sikap keberagamaan siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru pendidikan aqidah dalam mengembangkan sikap keberagamaan siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. 2) Bagaimana upaya guru pendidikan fikih dalam mengembangkan sikap keberagamaan siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. 3) Bagaimana upaya guru pendidikan akhlak dalam mengembangkan sikap keberagamaan siswa di MTs Assyfi’iyah Gondang Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui upaya guru pendidikan aqidah dalam mengembangkan sikap keberagamaan siswa di MTs Assyafi;iyah Gondang Tulungagung. 2) Untuk mengetahui upaya guru pendidikan fikih dalam mengembangkan sikap keberagamaan siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. 3) Untuk mengetahui upaya guru pendidikan akhlak dalam mengembangkan sikap keberagamaan siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian: 1) pendekatan: kualitatif, jenis penelitian: deskriptif. 2) Lokasi penelitian di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. 3). Kehadiran peneliti: peneliti hadir di lokasi di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. 4) Sumber Data: a) Data primer: kepala Madrasah dan guru pendidikan agama islam. b) Data skunder: dokumentasi,serta arsip-arsip penting lainya. 5) Prosedur Pengumpulan Data: Observasi, wawancara, dan dokumentasi, 6) tehnik analisis data: reduksi data, display atau sajian data, dan verifikasi/ penyimpulan data 7) Pengecekan keabsahan temuan: perpanjangan keikutsertaan , ketekunan / keajegan pengamat, dan trianggulasi. 8) Tahab-tahap Penelitian: tahap pra lapangan, tahab pekerjaan lapangan, tahab analisa data, tahap pelaporan. Dari penelitian itu dapat dilihat hasil-hasil penelitian yaitu: 1) Upaya guru pendidikan aqidah dalam mengembangkan sikap keberagamaan siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung adalah, menerapkan motode yang sesuai dalam kegiatan pembelajaran, memberikan nasehat dan masukan-masukan pada siswa , kerjasama dengan orang tua siswa dalam memberikan suritauladan pada anak. 2) Upaya guru pendidikan fikih dalam mengembangkan sikap keberagamaan siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung adalah, setiap paginya siswa melakukan pengembangan diri yang dipimpin oleh guru yang mengajar pada saat jam pertama dengan hafalan surat-surat pendek, yasin, tahlil, praktek ibadah langsung, nasehat-nasehat kepada siswa, contoh-contoh kongkrit yang terjadi, kerjasama dengan orang tua siswa dalam memberikan suritauladan pada anak. 3) Upaya guru pendidikan akhlak dalam mengembangkan sikap keberagamaan siswa di MTs Assyafi’iyah Gondng Tulungagung adalah, kerjasama dengan orang tua siswa dalam memberikan suritauladan pada anak, menciptankan lingkungan yang aman, nyaman dan tentram.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 11 Feb 2015 03:19
Last Modified: 11 Feb 2015 03:19
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1230

Actions (login required)

View Item View Item