PELAKSANAAN AKAD MUSAQAH DALAM PENGELOLAAN LAHAN POHON KELAPA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Pada Lembaga Masyarakat Desa Hutan Wana Tani Manunggal Karangbendo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar)

M. ALI ABDUL AZIZ, 17402153225 (2019) PELAKSANAAN AKAD MUSAQAH DALAM PENGELOLAAN LAHAN POHON KELAPA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Pada Lembaga Masyarakat Desa Hutan Wana Tani Manunggal Karangbendo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (802kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pelaksanaan Akad Musaqah dalam Pengelolaan Lahan Pohon Kelapa dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat (Studi pada Lembaga Masyarakat Desa Hutan Wana Tani Manunggal Karangbendo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar)” ini ditulis oleh M. Ali Abdul Aziz, NIM 17402153225, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Bapak Dr. H. Mashudi, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sosial ekonomi yang dihadapi oleh Masyarakat disekitar hutan, akibat adanya tekanan ekonomi dan peningkatan jumlah penduduk yang tidak diiringi dengan ketersedian lapangan pekerjaan. Untuk mengatasi permasalahan yang ada, PERUM PERHUTANI memberikan solusi dengan membuat Program pengelolaan hutan bersama masyarakat (PHBM). Program ini bertujuan membuka kesempatan bagi masyarakat desa hutan untuk terlibat aktif dalam kegiatan pengelolaan hutan. Dengan adanya program ini diharapkan dapat berdampak positif terhadap pendapatan dan lapangan kerja bagi masyarakat. Pengelolaan hutan bersama Masyarakat di wilayah kerja PERUM PERHUTANI KPH Blitar diwujudkan dalam beberapa kegiatan kerja dan kerjasama. Salah satu wujud dari kerjasama tersebut adalah pengelolaan lahan pohon kelapa di LMDH Wana Tani Manunggal. Dalam pelaksanaannya, pengelolaan lahan pohon kelapa menggunakan prinsip bagi hasil. Dalam ekonomi syariah, praktek kerjasama pengelolaan lahan dengan pemberian izin dari pemilik kepada penggarap disebut dengan akad musaqah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan akad musaqah dalam pengelolaan lahan pohon kelapa dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, mendeskripsikan dampak pelaksanaan akad musaqah dalam pengelolaan lahan pohon kelapa dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, serta mendeskripsikan kendala dan solusi pelaksanaan akad musaqah dalam pengelolaan lahan pohon kelapa dalam meningkatkan ekonomi masyarakat pada LMDH Wana Tani Manunggal, Karangbendo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang berbasis lapangan menggunakan pendekatan kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara langsung, observasi dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data meliputi Reduksi data, penyajian data, dan penariakan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan akad musaqah dalam pengelolaan lahan pohon kelapa sesuai dengan rukun dan syarat musaqah, dengan prosentase bagi hasil sebesar 25% untuk PERUM PERHUTANI dan 75% untuk penyadap. Dampak pelaksanaan akad musaqah meningkatkan ekonomi dan menciptakan kesempatan kerja bagi masyarakat. Adapun kendala yang dihadapi yaitu pohon yang sudah tua dan tidak produktif, serangan hama dan penyakit pohon serta cuaca ekstrim. Solusi yang dilakukan dengan melakukan reboisasi pohon kelapa dan perawatan pohon secara berkala. . Kata Kunci: PHBM, Akad Musaqah, Ekonomi Masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153225 M. ALI ABDUL AZIZ
Date Deposited: 22 Jul 2019 07:25
Last Modified: 22 Jul 2019 07:25
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12292

Actions (login required)

View Item View Item