ANALISIS PEMAHAMAN SISWA KELAS VII C SMPN 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019 PADA MATERI POKOK HIMPUNAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Ahmad Ahlis Syarifudin, 17204153065 (2019) ANALISIS PEMAHAMAN SISWA KELAS VII C SMPN 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019 PADA MATERI POKOK HIMPUNAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (248kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (558kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (411kB)
[img] Text
bab IV.pdf

Download (611kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (336kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (305kB)

Abstract

ABSTRAK Ahlis S, Ahmad. 2019. “Analisis Pemahaman Siswa Kelas VII C SMPN 1 Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019 pada Materi Pokok Himpunan Ditinjau dari Gaya Belajar”. Jurusan Tadris Matematika, FTIK, IAIN Tulungagung dibimbing oleh Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Pemahaman, Gaya Belajar, Himpunan Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena kurangnya pemahaman siswa dan pendidik dalam mengenali gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik). Dalam setiap individu memiliki karakter tersendiri dalam mengembangkan cara belajarnya dan daya pikir dalam menyelesaikan sebuah permasalahan yang dihadapi, oleh sebab itu seorang guru harus mampu mengenali karakter yang dimilki oleh siswanya sehingga dapat tercapai sebuah proses belajar mengajar yang efektif. Dari uraian tersebut peneliti mengadakan penelitian untuk menganalisis pemahaman siswa kelas VII C SMPN 1 Kedungwaru tahun ajaran 2018/2019 pada materi pokok himpunan ditinjau dari gaya belajar. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang pemahaman siswa kelas VII C SMPN 1 Kedungwaru tahun ajaran 2018/2019 pada materi pokok himpunan ditinjau dari gaya belajar tipe visual, auditorial, kinestetik. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan study kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C. Dalam penelitian ini digunakan metode angket, tes, dan wawancara. Pola analisis pemahaman dari penelitian ini menggunakan teori Bloom melalui 3 tahapan yaitu Pemahaman, Penafsiran, dan Ekstrapolasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pemahaman siswa bergaya belajar visual terdapat kekurangan dalam menyampaian jawaban secara prosedural akan tetapi dia sudah dapat memenuhi pemahaman terjemahan, penafsiran, dan ekstrapolasi. (2) Pemahaman siswa bergaya belajar auditorial sudah baik, dia sudah paham an bisa menyampaikan jawaban sesuai dengan prosedurnya. Dia juga sudah dapat memenuhi pemahaman terjemahan, penafsiran, dan ekstrapolasi. (3) Pemahaman siswa bergaya belajar kinestetik dibawah dari pemahaman siswa yang memiliki gaya belajar visual dan auditorial walaupun sudah baik dalam penyampaian jawaban yang sesuai dengan prosedurnya. Dia juga sudah dapat memenuhi pemahaman terjemahan, dan ekstrapolasi. Penelitian ini diharapkan bisa membangun sistem sekolah yang lebih baik lagi. Seperti halnya dari guru matematika yang paham dengan macam-macam gaya belajar, siswa akan lebih paham apa yang telah diterangkan oleh gurunya. Seperti halnya siswa yang sudah kita pahami jenis gaya belajarnya, mereka bisa kita beri motivasi yang sesuai dengan gaya belajarnya, agar lebih semangat dalam belajar lagi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Skripsi 17204153065 Ahmad Ahlis Syarifudin
Date Deposited: 22 Jul 2019 02:50
Last Modified: 22 Jul 2019 02:50
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12285

Actions (login required)

View Item View Item