Pengaruh Pendekatan Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Simetri Lipat di kelas IV SDN II Junjung Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2011/2012

Ani, Mufidah, (2012) Pengaruh Pendekatan Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Simetri Lipat di kelas IV SDN II Junjung Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2011/2012. [ Skripsi ]

[img] Text
2 PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (13kB)
[img] Text
4 PERSEMBAHAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (95kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (182kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (121kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (172kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (29kB)
[img] Text
ANI DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (35kB)
[img] Text
14-15.DAFTAR LAMPIRAN 2003.doc

Download (29kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Direct Instruction dan Hasil Belajar Sebagian siswa memiliki persepsi bahwa pelajaran matematika sulit dipelajari, kurang menyenangkan akibatnya siswa cenderung jenuh dan bosan terhadap materi yang diajarkan selama pembelajaran. Hal ini dimungkinkan karena kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Agar tujuan pembelajaran tercapai maka peneliti memilih pembelajaran yang tepat, salah satu pembelajran yang diterapkan adalah Direct Instruction yang diharapkan dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dan juga dari pembelajaran ini diharapkan siswa mampu memunculkan konsep-konsep matematika atau matematika formal. Rumusan Masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh dari pendekatan Direct Instruction terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Simetri Lipat di kelas IV SDN 2 Junjung Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2011/2012?, (2) Seberapa besar pengaruh dari pendekatan Direct Instruction terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Simetri Lipat di kelas IV SDN 2 Junjung Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2011/2012?. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, tes, dokumentasi dan interview. Metode observasi digunakan untuk melihat keadaan gedung, keadaan sarana pendidikan, dan letak geografis dari SDN 2 Junjung Sumbergempol Tulungagung, metode tes digunakan untuk melihat apakah dengan diberikan metode direct instruction ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi simetri lipat, metode dokumentasi dan interview digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumentasi dari SDN 2 Junjung Sumbergempol Tulungagung. Berdasarkan analisa data diketehui bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 91,666 dan rata-rata kelas 68,611 serta ttabel (5% = 2,042) < thitung (21,419). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh pendekatan direct instruction terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Junjung Sumbergempol Tulungagung sebesar 33,603239%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 11 Feb 2015 03:10
Last Modified: 11 Feb 2015 03:10
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item View Item