Kemampuan Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Ma'arif NU Blitar

Ayu Agustina, 17204153067 (2019) Kemampuan Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Ma'arif NU Blitar. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (774kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (242kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (319kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (883kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (197kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Ma’arif NU Blitar” ini ditulis oleh Ayu Agustina, NIM. 17204153067. Pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Koneksi, Menyelesaikan Masalah, Kemampuan Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang cenderung lupa dengan materi yang telah diajarkan sebelumnya sehingga menyulitkan siswa untuk memahami materi-materi selanjutnya karena materi matematika saling berkaitan, siswa juga mengalami kesulitan saat diberikan permasalahan berkaitan dalam kehidupan sehari-hari dan ilmu pengetahuan lain. Padahal ilmu matematika berpengaruh penting bagi kehidupan dan ilmu pengetahuan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah teorema Pythagoras, (2) untuk mendiskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah teorema Pythagoras, (3) untuk mendiskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah teorema Pythagoras. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tes dan wawancara digunakan untuk mengetahui secara lebih dalam kemampuan koneksi matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika materi teorema Pythagoras yang diberikan. Dari 30 siswa, kemudian dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian. Masing-masing 2 subjek mewakili siswa berkemampuan tinggi, berkemampuan sedang, dan berkemampuan rendah. Pemilihan subjek ini berdasarkan pada hasil jawaban tes tulis siswa tersebut dan juga pertimbangan guru pengajar. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dicek keabsahan datanya menggunakan triangulasi. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa berkemampuan tinggi mampu mengenali dan memanfaatkan hubungan antar ide-ide matematika, mampu memahami bagaimana ide-ide dalam matematika saling berhubungan dan membangun satu sama lain untuk menghasilkan suatu keutuhan koheren, mampu mengenali dan menerapkan matematika kedalam konteks diluar matematika, (2) siswa berkemampuan sedang cukup mampu mengenali dan memanfaatkan hubungan antar ide-ide matematika, kurang mampu memahami bagaimana ide-ide dalam matematika saling berhubungan dan membangun satu sama lain untuk menghasilkan suatu keutuhan koheren, kurang mampu mengenali dan menerapkan matematika kedalam konteks diluar matematika, (3) siswa berkemampuan rendah kurang mampu mengenali dan memanfaatkan hubungan antar ide-ide matematika, kurang mampu memahami bagaimana ide-ide dalam matematika saling berhubungan dan membangun satu sama lain untuk menghasilkan suatu keutuhan koheren, tidak mampu mengenali dan menerapkan matematika kedalam konteks diluar matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153121 Mardhiana Ifadhotu Rohmah
Date Deposited: 26 Jul 2019 03:42
Last Modified: 26 Jul 2019 03:42
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12269

Actions (login required)

View Item View Item