Kecerdasan Verbal-Linguistik Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras Ditinjau dari Kemampuan Matematika

Nurul Hidayah, 17204153135 (2019) Kecerdasan Verbal-Linguistik Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras Ditinjau dari Kemampuan Matematika. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (610kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)

Abstract

Nurul Hidayah, 17204153135, “Kecerdasan Verbal-Linguistik Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras Ditinjau dari Kemampuan Matematika”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Kecerdasan Verbal-Linguistik, Masalah Teorema Pythagoras, Kemampuan Matematika Siswa. Kemampuan berpikir seseorang dipengaruhi oleh kecerdasannya. Salah satu jenis kecerdasan yang dapat dijadikan tolok ukur seseorang dalam memahami berbagai permasalahan, baik dalam bidang matematika ataupun dalam kehidupan sehari-hari adalah kecerdaan verbal-linguistik. Kecerdasan verbal-linguistik dapat dikatakan sebagai kecakapan yang dimiliki seseorang dalam mengolah kata-kata atau bahasa. Kaitannya dengan pelajaran matematika khususnya pada materi teorema pythagoras, kecerdasan verbal-linguistik pada praktiknya adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menjelaskan soal maupun jawaban menggunakan kata-kata serta mampu mengkomunikasikan ide-ide kepada guru. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan kecerdasan verbal-linguistik siswa dengan kemampuan matematika tinggi kelas VIII A di MTs Ma’arif NU Blitar dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras, 2) untuk mendeskripsikan kecerdasan verbal-linguistik siswa dengan kemampuan matematika sedang kelas VIII A di MTs Ma’arif NU Blitar dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras, 3) untuk mendeskripsikan kecerdasan verbal-linguistik siswa dengan kemampuan matematika rendah kelas VIII A di MTs Ma’arif NU Blitar dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripif. Penelitian deskriptif dimaksudkan untuk menggambarkan secara detail atau mendeskripsikan suatu gejala atau suatu masyarakat pada kondisi tertentu. Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kecerdasan verbal-linguistik subjek yang memiliki kemampuan matematika tinggi yaitu mampu menjelaskan dengan menggunakan kalimat sendiri dengan tepat, memiliki ingatan yang tajam serta mampu mendengarkan secara komprehensif, sensitif terhadap pola-pola tertentu dan mampu menghubungkannya secara sistematis 2) kecerdasan verbal-linguistik subjek yang memiliki kemampuan matematika sedang yaitu kurang mampu menjelaskan dengan menggunakan kalimat sendiri, memiliki ingatan yang kurang serta kurang mampu mendengarkan secara komprehensif, sensitif terhadap pola-pola tertentu dan mampu menghubungkannya secara sistematis, 3) kecerdasan verbal-linguistik subjek yang memiliki kemampuan matematika rendah yaitu kurang mampu menjelaskan dengan menggunakan kalimat sendiri dengan tepat, memiliki ingatan yang kurang serta kurang mampu mendengarkan secara komprehensif, kurang sensitif terhadap pola-pola tertentu dan kurang mampu menghubungkannya secara sistematis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153121 Mardhiana Ifadhotu Rohmah
Date Deposited: 26 Jul 2019 03:47
Last Modified: 26 Jul 2019 03:47
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12268

Actions (login required)

View Item View Item