IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN BIDANG STUDI FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 2 TULUNGAGUNG

ARDHO AL ABRHOR, 17201153072 (2019) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN BIDANG STUDI FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (566kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (683kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (178kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Bidang Studi Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Ardho Al Abrhor, NIM. 17201153072, pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri., M.Pd. Kata Kunci : Implementasi / Metode Demonstrasi / Fikih Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pengetahuan dan pemahaman siswa tentang nilai ajaran bidang studi fikih dapat mempengaruhi kesadaran siswa dalam mengamalkan ibadah yang sesuai dengan syar’i, dititikberatkan pada bab haji. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah implementasi metode demonstrasi pada bidang studi fikih yang mengharapkan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Tulungagung mempunyai pemahaman tentang ibadah haji. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana desain implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran bidang studi fikih bab haji di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Tulungagung? (2) Bagaimana keunggulan dan kelemahan implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran bidang studi fikih bab haji di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Tulungagung? (3) Bagaimana strategi implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran bidang studi fikih bab haji di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Tulungagung? (4) Bagaimana dampak implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran bidang studi fikih bab haji di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan desain implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran bidang studi fikih bab haji di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran bidang studi fikih bab haji di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui strategi implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran bidang studi fikih bab haji di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Tulungagung. (4) Untuk mengetahui dampak implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran bidang studi fikih bab haji di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Tulungagung. Metode Penelitian yang digunakan (1) kualitatif, peneliti sebagai key instrument. (2) Sumber data penelitian, kepala sekolah, guru fikih dan siswa, (3) Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. (4) Teknik analisis data yang digunakan, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. (5) Teknik pengecekan keabsahan temuan melalui dua kriteria, yaitu perpanjang keikutsertaan, dan triangulasi. Temuan penelitian (1) Desain implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran bidang studi fikih bab haji di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Tulungagung, dapat disimpulkan bahwa desain implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran bidang studi fikih bab haji ada dua yakni tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. (2) Keunggulan dan kelemahan implementasimetode demonstrasi pada pembelajaran bidang studi fikih bab haji di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Tulungagung. Keunggulannya siswa lebih paham dan mengerti tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji. Kelemahan pertama banyak membutuhkan waktu, kedua tempat untuk melaksanakan kegiatan demonstrasi kurang memadai, ketiga fasilitas yang masih kurang memadai, keempat cuaca yang kurang mendukung untuk melaksanakan kegiatan metode demonstrasi manasik haji. (3) Strategi implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran bidang studi fikih bab haji di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Tulungagung. Ada tiga strategi pertama strategi pengajaran interaktif, kedua strategi pengajaran beregu atau secara berkelompok, dan ketiga strategi station teaching atau gaya latihan. (4) Dampak implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran bidang studi fikih bab haji di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Tulungagung berdampak sangat positif, baik dari segi pengetahuan maupun dari segi pemahaman. Baik bagi guru yang belum melaksanakan ibadah haji maupun dari siswa itu sendiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153072 ARDHO AL ABRHOR
Date Deposited: 22 Jul 2019 07:05
Last Modified: 22 Jul 2019 07:05
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12252

Actions (login required)

View Item View Item