KEYAKINAN MATEMATIS DALAM PEMBELAJATAN MATEMATIKA PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL KELAS X DI SMA MA’ARIF NU PANDAAN PASURUAN TAHUN AJARAN 2018/2019

FEBRIYA SAUFI URAINI, 17204153138 (2019) KEYAKINAN MATEMATIS DALAM PEMBELAJATAN MATEMATIKA PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL KELAS X DI SMA MA’ARIF NU PANDAAN PASURUAN TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Keyakinan Matematis dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel Kelas X di SMA Ma’arif NU Pandaan Pasuruan Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Febriya Saufi Uraini dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Keyakinan Matematis, Pembelajaran Matematika, Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel Penelitian ini didasari oleh banyaknya siswa yang kurang meyakini diri terutama pada pembelajaran matematika yang dianggap sulit sehingga banyak dari mereka yang memilih untuk menghindari tugas-tugas yang diberikan oleh guru atau bahkah mengerjakan dengan cara bertanya kepada teman atau hanya menunggu jawaban teman dalam menyelesaikan setiap masalah matematika. Oleh karea itu peneliti menganalisis keyakinan matematis siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan 3 aspek yaitu keyakinan matematis terhadap pendidikan, keyakinan matematis terhadap diri dan keyakinan matematis terhadap konteks sosial. Penelitian ini dilaksanakana di kelas X IPS 1 SMA Ma’arif NU Pandaan Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk : mendeskripsikan keyakinan matematis siswa berkemampuan rendah, sedang dan tinggi dalam pembelajaran matematika pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel kelas X di SMA Ma’arif NU Pandaan Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi kasus. Metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, wawancara dan angket. Tes tulis diikuti 33 siswa kelas X IPS 1 dengan 2 butir soal yang terbagi menjadi 3 point, kemudian dipilih menjadi 6 siswa menjadi subjek penelitian yang mewakili siswa berkemampuan rendah, sedang dan tinggi, selanjutnya observasi sebagai data penunjang. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan langah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan rendah belum mampu memenuhi aspek keyakinan matematis terhadap pendidikan dan aspek keyakinan matematis terhadap diri akan tetapi memenuhi pada aspek keyakinan matematis terhadap konteks sosial. Pada siswa berkemampuan sedang sebagian siswa cukup mampu memenuhi aspek keyakinan matematis terhadap pendidikan dan aspek keyaknan matematis terhadap diri, akan tetapi memenuhi pada aspek keyakinan matematis terhadap konteks sosial. Pada siswa berkemampuan tinggi siswa mampu memenuhi aspek keyakinan matematis terhadap pendidikan sedangkan pada aspek keyakinan matematis terhadap diri sebagian siswa cukup memnuhi dan pada aspek keyakinan matematis terhadap konteks sosial siswa memnuhi aspek. Saran bagi peneliti selanjutnya menjadikan hasil penelitian ini sebagai sarana dalam menambah wawasan dan pengetahuan tentang keyakinan matematis dalam pembelajaran matematika dan mengembangkan penelitian lebih lanjut tentang keyakinan matematis akan tetapi ditinjau dari sudut pandang lainnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: SKRIPSI 17204153138 FEBRIYA SAUFI URAINI
Date Deposited: 19 Jul 2019 06:36
Last Modified: 19 Jul 2019 06:36
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12245

Actions (login required)

View Item View Item