ANALISIS BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI KELAS XI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

IDHA SUSILOWATI, 17204153179 (2019) ANALISIS BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI KELAS XI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (272kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (488kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)

Abstract

ABSTRAK Idha Susilowati, 17204153179, 2019. “Analisis Berpikir Reflektif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Trigonometri Kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019”. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dra. Umy Zahroh.,M.Kes.,Ph.D. Kata Kunci: Berpikir Reflektif, Memecahkan Masalah, Materi Trigonometri Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu kecenderungan pada siswa yang kurang mengoptimalkan kemampuan berpikirnya dalam pembelajaran matematika, terutama kemampuan berpikir reflektif siswa dalam penelitian ini meliputi 3 fase, yaitu: tahap reacting adalah tahap dimana siswa, dalam bereaksi dengan pemahaman pribadi terhadap masalah, matematis yang berfokus pada sifat alami situasi. Tahap comparing, adalah tahap melakukan analisis klarifikasi pengalaman individual, serta makna dan informasi–informasi untuk mengevaluasi apa yang diyakini dengan cara membandingkan reaksi dengan pengalaman yang lain. Tahap Contemplating, adalah fokus terhadap suatu tingkatan pribadi dalam proses–proses seperti menguraikan, menginformasikan, mempertimbangkan, dan mengkontruksi situasi atau masalah. Salah satu aktivitas untuk mengetaahui seberapa benar kemampuan berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah matematika materi trigonometri kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis, waawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1 ) Siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu melalui tahap Reacting, Comparing, dan Contemplating Dalam hal ini siswa mampu menyelesaikan soal dengan baik. Selain itu, siswa mampu mencapai hampir seluruh tahap pemikiran kemampuan berpikir reflektif matematika. 2) Siswa kemamuan sedang, mampu melalui tahap reacting, compairing. 3) Siswa dengan kemampuan matematika rendah, memiliki kemampuan berpikir reflektif yang kurang. Karena siswa belum mampu menyelesaikan soal dengan baik. Selain itu, siswa belum mampu mencapai tahap– tahap kemampuan berpikir reflektif dan siswa hanya melalui tahap Reacting.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153179 IDHA SUSILOWATI
Date Deposited: 23 Jul 2019 02:11
Last Modified: 23 Jul 2019 02:11
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12239

Actions (login required)

View Item View Item