PERSEPSI ANGGOTA MUSLIM DAN NON-MUSLIM TERHADAP PRODUK PEMBIAYAAN DI KOPERASI SYARIAH KARYA MANDIRI KAUMAN TULUNGAGUNG

MERIE SABNASARI, 17401153409 (2019) PERSEPSI ANGGOTA MUSLIM DAN NON-MUSLIM TERHADAP PRODUK PEMBIAYAAN DI KOPERASI SYARIAH KARYA MANDIRI KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (869kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (285kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Persepsi Anggota Muslim Dan Non-Muslim Terhadap Produk Pembiayaan Di Koperasi Syariah Karya Mandiri Kauman Tulungagung” ini ditulis oleh Merie Sabnasari, NIM 17401153409 , pembimbing Sri Dwi Estiningrum, S.E., Ak., C.A., MM., Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Koperasi syariah yang dalam prakteknya bukan hanya anggota muslim saja melainkan ada anggota non-muslim pula yang ikut serta dalam Koperasi Syariah Karya Mandiri Kauman Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana persepsi anggota muslim terhadap produk pembiayaan Murabahah di Koperasi Syariah Karya Mandiri Kauman Tulungagung? (2) Bagaimana persepsi anggota Non-muslim terhadap produk pembiayaan Murabahah di Koperasi Syariah Karya Mandiri Kauman Tulungagung? (3) Bagaimana persepsi anggota muslim terhadap produk pembiayaan Musyarakah di Koperasi Syariah Karya Mandiri Kauman Tulungagung? (4) Bagaimana persepsi anggota Non-muslim terhadap produk pembiayaan Musyarakah di Koperasi Syariah Karya Mandiri Kauman Kauman Tulungagung? (5) Bagaimana strategi pemasaran Koperasi Syariah Karya Mandiri Kauman Tulungagung dalam meningkatkan jumlah anggota? Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data yang diambil merupakan data primer dengan informan karyawan dan anggota Koperasi Syariah Karya Mandiri Kauman Tulungagung, teknik penggambilan data menggunakan observasi , wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji kebsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan (1)Persepsi anggota muslim terhadap pembiayaan murabahah yaitu pembiayaan yang mekanisme operasionalnya mudah, bagi hasilnya murah, dan pelayanannya menyenangkan (2) Persepsi anggota Non muslim terhadap produk pembiayaan murabahah sebagai Non-muslim merasa sistem pembiayaan islam yang menggunakan bagi hasil ini dirasa penerapan bagi hasil ini sama sekali tidak memberatkan anggota, berbeda dengan bank atau koperasi yang tidak syariah pengenaan bunganya besar, bahkan dari sisi pelayanan dianggap sangat baik.(3) Persepsi anggota muslim terhadap pembiayaan musyarakah sangat membantu dalam melakukan kegiatan usaha walaupun hanya usaha kecil tetapi pelayanan pembiyaan musyarakah yang harus lama menunggu pencairan (4)Persepsi anggota Non-muslim terhadap produk pembiayaan musyarakah yaitu sangat membantu dalam menjalankan usaha dan mengenai pelayanan pembiayaan musyarakah yang harus lama menunggu pengembalian jaminan ketika pelunasan.(5)Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah anggota baik muslim maupun non-muslim adalah dengan memperkerjakan karyawan yang berdomisili warga sekitar dan memberikan pelayanan yang baik agar anggota menjadi loyal. Kata kunci : Persepsi, Muslim, Non-muslim, Pembiayaan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401153409 MerieSabnasari
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:53
Last Modified: 08 Apr 2020 02:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12219

Actions (login required)

View Item View Item