BUDAYA RELIGIUS DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs di MTsN Kampak dan MTsN Watulimo Trenggalek)

HAMZAH FANSURI, 174615021 (2019) BUDAYA RELIGIUS DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs di MTsN Kampak dan MTsN Watulimo Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Budaya Religius dalam Membentuk Karakter Peserta Didik (Studi Multi Situs di MTsN Kampak dan MTsN Watulimo Trenggalek)” ini ditulis oleh Hamzah Fansuri dengan dibimbing: Dr. H. Prim Masrokan Muthohar, M.Pd dan Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag Kata Kunci: Budaya Religius, Karakter Peserta Didik Penelitian dalam tesis ini dilator belakangi oleh budaya religius dibangun dan diwujudkan untuk menanamkan nilai ke dalam diri peserta didik. Hal tersebut, menurut Muhajir, merupakan sesuatu yang esensial dan semestinya diperhatikan. Karena salah satu penyebab kewajiban menanamkan nilai-nilai agama adalah adanya fenomena bahwa kemerosotan akhlak pada manusia menjadi salah satu problem dalam perkembangan pendidikan nasional, dimana terkadang para tokoh pendidik sering menyalahkan pada adanya globalisasi kebudayaan Pertanyaan penelitian ini dalam penulisan tesis adalah: 1) Bagaimana nilai budaya religius yang diterapkan dalam membentuk karakter peserta didik di MTsN Kampak dan MTsN Watulimo Trenggalek? 2) Bagaimana pendekatan pelaksanaan budaya religius dalam membentuk karakter peserta didik di MTsN Kampak dan MTsN Watulimo Trenggalek? 3) Bagaimana strategi pelaksanaan budaya religius dalam membentuk karakter peserta didik di MTsN Kampak dan MTsN Watulimo Trenggalek? 4) Bagaimana Pengendalian pelaksanaan budaya religius dalam membentuk karakter peserta didikdi MTsN Kampak dan MTsN Watulimo Trenggalek? Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan studi multisitus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: 1). wawancara, (2). observasi, (3).dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut dianalisis dari situs tunggal dan analisis lintas situs. Pada saat pengumpulan data, data yang telah diperoleh diuji dengan menggunakan metode triangulasi dan ketekunan pengamatan dan keabsahan data. Dan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Nilai budaya religius yang diterapkan dalam membentuk karakter peserta didik di MTsN Kampak dan MTsN Watulimo Trenggalek dilakukan dengan jalan: 1) Kegiatan Harian, a) Tadarus Al Qur’an dilakukan setiap pagi setelah bel masuk, sekitar 15 menit. Surat yang dibaca berbeda-beda sesuai dengan kelas dan jadwal dalam setiap bulannya. Kelas VII membaca surat-surat dalam Juz ‘Amma. Kelas VIII membaca Surat Al-Waqi’ah, sedang kelas IX membaca Surat Yasiin. Surat-surat ini sekaligus dihafalkan dan akan diuji pada setiap akhir semester. b) Hafalan do’a dan dzikir. Sejumlah bacaan do’a dan dzikir ini ditetapkan dalam Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlaqul Karimah (BKU), c) Shalat Dhuha dan Shalat Dhuhur berjama’ah. 2) Kegiatan Mingguan, dilaksanakan kegiatan mingguan. a) Membaca Asmaul Husna, b) Jum’at beramal. 3) Kegiatan harian dan mingguan di MTsN Kampak ini juga ada kegiatan yang tidak terjadwal. Di antaranya ada istighatsah, PHBI, kegiatan pesantren Ramadhan, halal bihalal, kegiatan idul adha dan sebagainya. (2) Pendekatan pelaksanaan budaya religius dalam membentuk karakter peserta didik di MTsN Kampak dan MTsN Watulimo Trenggalek: Pendekatan pelaksanaan budaya religius dalam membentuk karakter peserta didik, xix guru melakukan pendekatan individual dan kelompok. 1) Pendekatan individual yang digunakan guru dalam budaya religius dalam membentuk karakter peserta didik dengan (a) menumbuhkan pembentukan kebiasaan berakhlak mulia kepada Allah dan sesama (b) membiasakan diri berpegang teguh pada ajaran-ajaran Islam. (c) membiasakan bersikap ridho, optimis, percaya diri, menguasai emosi, tahan menderita dan sabar. (d) selalu tekun beribadah/melaksanakan shalat berjama’ah dan mendekatkan diri kepada Allah serta bermu’amalah dengan baik. 2) Pendekatan kelompok dilakukan oleh guru dalam budaya religius dalam membentuk karakter peserta didik pada peserta didik dengan jalan: (a) Program shalat dhuhur berjama’ah, (b) Pembentukan guru yang bertanggung jawab atas pelaksanaan shalat berjamaah. (c) Pembuatan jadwal berjamaah untuk peserta didik. (3) Strategi pelaksanaan budaya religius dalam membentuk karakter peserta didik di MTsN Kampak dan MTsN Watulimo Trenggalek dilakukan dengan jalan: a) Menerapkan pembiasaan dengan adanya pembiasaan yang dilakukan dalam diri individu akan lebih cepat untuk mengerti dan memahami budaya religius yang terkandung dalam perbuatan sehari-hari. b) Memberikan keteladanan, c) Kebersamaan dalam kegiatan membudayakan religius, (4) Pengendalian pelaksanaan budaya religius dalam membentuk karakter peserta didik di MTsN Kampak dan MTsN Watulimo Trenggalek dilakukan dengan jalan: 1) adanya daftar hadir, 2) monitoring dari madrasah dan 3) pemberian sanksi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 174615021 HAMZAH FANSURI
Date Deposited: 18 Jul 2019 07:21
Last Modified: 18 Jul 2019 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12214

Actions (login required)

View Item View Item