TAFSIR EKOLOGIS (Studi Komparatif Penafsiran Mujiyono Abdillah dalam Agama Ramah Lingkungan Perspektif al-Qur’an dan Mudhofir Abdullah dalam al-Qur`an dan Konservasi Lingkungan)

fahmi muhamad, 17531545005 (2019) TAFSIR EKOLOGIS (Studi Komparatif Penafsiran Mujiyono Abdillah dalam Agama Ramah Lingkungan Perspektif al-Qur’an dan Mudhofir Abdullah dalam al-Qur`an dan Konservasi Lingkungan). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III b.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul. “TAFSIR EKOLOGIS (Studi Komparatif Penafsiran Mujiyono Abdillah dalam Agama Ramah Lingkungan Perspektif al-Qur’an dan Mudhofir Abdullah dalam al-Qur`an dan Konservasi Lingkungan)”, disusun oleh Fahmi Muhamad. 2019, NIM : 1753 1 5005, dengan dibimbing oleh Dr. Salamah Noorhidayati, M.Ag dan Dr. Ahmad Zainal Abidin, MA Kata Kunci : Tafsir ekologis, Mujiyono Abdillah, Mudhofir Abdullah Latar Belakang : Tafsir ekologi adalah penafsiran yang dilakukan oleh mufasir dengan objek penafsiran berupa ayat-ayat yang terkait dengan tema ekologi, dengan menggunakan analisa keilmuwan berbasis ekologi, serta terdapat nuansa keberpihakan terhadap permasalahan lingkungan hidup. Perumusan konsep pelestarian lingkungan hidup dalam perspektif al-Qur’an merupakan suatu keniscayaan, mengingat al-Qur`an sebagai sumber hukum dalam Islam memiliki kepedulian tinggi terhadap permasalahan lingkungan, bahkan dapat dikatakan sebagai kitab suci yang berwawasan lingkungan. Adapun konsep pelestarian lingkungan dengan perspektif keagamaan, sebagaimana telah diwacanakan oleh Mujiyono Abdillah dengan konsep ekoteologi dan Mudhofir Abdillah dengan konsep ekosyariah. Rumusan Masalah : 1)Bagaimana bentuk tafsir ekologi dalam perspektif Mujiyono Abdillah? 2)Bagaimana bentuk tafsir ekologi dalam perspektif Mudhofir Abdullah? 3)Bagaimana uraian terhadap aspek persamaan penafsiran Mujiyono Abdillah dengan Mudhofir Abdullah? 4)Bagaimana uraian terhadap aspek perbedaan penafsiran Mujiyono Abdillah dengan Mudhofir Abdullah ? Metode Penelitian : Penelitian ini termasuk dalam penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan metode studi pustaka, dengan obyek penelitian berupa penafsiran terhadap ayat-ayat tentang lingkungan hidup, yang terdapat dalam buku Mujiyono Abdillah, Agama Ramah Lingkungan Perspektif al-Qur’an, (Jakarta : Paramadina, 2001), dan buku Mudhofir Abdullah, al-Qur`an dan Konservasi Lingkungan : Argumen Konservasi Lingkungan Sebagai Tujuan Tertinggi Syari`ah, (Jakarta : PT Dian Rakyat, 2010). Hasil Penelitian : 1)Tafsir ekologi dalam penafsiran Mujiyono Abdillah merupakan landasan paradigma eko-teologi, yang mencakup tiga konsep : konsep teologi lingkungan, konsep hubungan antara Tuhan dengan lingkungan, konsep hubungan antara manusia dengan lingkungan. 2)Tafsir ekologi dalam penafsiran Mudhofir Abdillah merupakan landasan paradigma eko-syari’ah, yang mencakup empat tema pokok : ekologi, eko-teologi, eko-sofi, dan eko-ushul al-fiqh. 3)Letak persamaan penafsiran Mujiyono Abdillah dengan Mudhofir Abdullah terdapat pada aspek : tema, sumber, dan metode penafsiran. 4)Letak perbedaan penafsiran Mujiyono Abdillah dengan Mudhofir Abdullah terdapat pada aspek hasil, dan corak penafsiran.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir
Depositing User: M. Ag 1753154005 Fahmi Muhamad
Date Deposited: 18 Jul 2019 07:45
Last Modified: 18 Jul 2019 07:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12209

Actions (login required)

View Item View Item