EFEKTIVITAS PENDISTRIBUSIAN DANA ZAKAT, INFAK DAN SHADAQAH PADA PEMBERDAYAAN KAUM LANJUT USIA (Studi Kasus pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tulungagung)

M. AMIRUDDIN, 17103153008 (2019) EFEKTIVITAS PENDISTRIBUSIAN DANA ZAKAT, INFAK DAN SHADAQAH PADA PEMBERDAYAAN KAUM LANJUT USIA (Studi Kasus pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (405kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Pendistribusian Dana Zakat, Infak Dan Shadaqah Pada Pemberdayaan Kaum Lanjut Usia (Studi Kasus Pada Badan Amil Zakat Nasional Tulungagung)” ini ditulis oleh M. Amiruddin, NIM. 17103153008, jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Dr. Syafrudin Arif Marah Manunggal, M.S.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya peningkatan kesejahteraan para kaum lanjut usia. Khususnya para lanjut usia yang hidup sebatang kara tanpa keluarga sama sekali, sehingga para lansia tersebut hidup dengan kondisi yang sangat tidak terawat. Upaya peningkatan kesejahteraan pada golongan lanjut usia yang dilakukan oleh pihak-pihak terkait juga masih sangat kurang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana proses pendistribusian dana zakat, infak dan Shadaqah yang diterapkan di BAZNAS Kabupaten Tulungagung?; 2) bagaimana pendistribusian dana zakat, infak dan Shadaqah yang tepat dalam memberdayakan kaum lanjut usia di BAZNAS Kabupaten Tulungagung?; 3) bagaimana efektivitas program pendistribusian dana zakat, infak dan Shadaqah dalam memberdayakan kaum lanjut usia di BAZNAS Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dimana penelitian akan mendeskipsikan tentang pendistribusian zakat, infak dan Shadaqah pada pemberdayaan kaum lanjut usia di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tulungagung. Data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara langsung dari informan dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses pendistribusian ZIS terangkum dalam lima program utama, antara lain: Tulungagung Takwa, Tulungagung Peduli, Tulungagung Cerdas, Tulungagung Sehat, dan Tulungagung Makmur; 2) Baznas kabupaten Tulungagung hanya melakukan pemberdayaan pada golongan lansia tidak potensial saja, dengan memberikan bantuan berupa uang tunai senilai Rp. 300.000 rupiah per bulan. Selain itu, Baznas kabupaten Tulungagung juga mengupayakan untuk merelokasi lansia ke panti jompo; 3) kegiatan pendistribusian dana ZIS dalam memberdayakan kaum lanjut usia yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Tulungagung masih belum mencapai standard efektif, namun pihak BAZNAS Kabupaten Tulungagung tetap berupaya semaksimal mungkin agar program pendistribusian dana ZIS kepada kaum lansia dapat semakin ditingkatkan lagi di masa mendatang. Kata kunci: Efektivitas, Pendistribusian Zakat, Infak, Shadaqah, Pemberdayaan, Lanjut Usia, Badan Amil Zakat Nasional Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Ekonomi > Bisnis Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 17103153008 M. AMIRUDDIN
Date Deposited: 18 Jul 2019 03:31
Last Modified: 18 Jul 2019 03:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12168

Actions (login required)

View Item View Item