THE EFFECTIVENESS OF USING 3H (HERE, HIDDEN AND IN MY HEAD) STRATEGY TOWARD STUDENTS' READING COMPREHENSION MASTERY AT THE SECOND GRADE OF SMKN 1 BOYOLANGU

SA'ADATUL HAYATI, 17203153145 (2019) THE EFFECTIVENESS OF USING 3H (HERE, HIDDEN AND IN MY HEAD) STRATEGY TOWARD STUDENTS' READING COMPREHENSION MASTERY AT THE SECOND GRADE OF SMKN 1 BOYOLANGU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (506kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (144kB)
[img] Text
TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (95kB)
[img] Text
CHAPTER I.pdf

Download (114kB)
[img]
Preview
Text
CHAPTER II.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
CHAPTER III.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
CHAPTER IV.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
CHAPTER V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text
REFERENCES.pdf

Download (104kB)

Abstract

ABSTRAK Hayati, Sa’adatul. NIM.17203153145. 20019. The Effectiveness of Using 3H (Here, Hidden, and in my Head) Strategy toward Students’ Reading Comprehension Mastery at the Second Grade of SMKN 1 Boyolangu. Skripsi. Tadris Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dosen Pembimbing: Muh. Basuni, M.Pd. Kata Kunci: keefektifan, strategi 3H (Di Sini, Tersembunyi, dan di Kepala saya). Pemahaman membaca Membaca bukan hanya keterampilan untuk mengenali kata-kata, tetapi membutuhkan kemampuan untuk memahami. Ini berarti bahwa untuk memahami membaca, kita mungkin tidak hanya memahami kata demi kata tetapi juga memahami makna kata-kata yang saling terkait karena tujuan membaca adalah memperoleh ide atau informasi dari teks. Berdasarkan kurikulum saat ini, kurikulum 2013 atau K13. Tujuan kurikulum ini adalah untuk menekankan pusat siswa. Artinya menekankan keaktifan siswa untuk menemukan konsep belajar dengan guru yang bertindak sebagai fasilitator. Peneliti berfokus pada strategi yang diterapkan dalam menjawab pertanyaan dan efektif untuk mengarahkan siswa untuk memiliki pemahaman yang baik yang disebut strategi 3H (Di sini, Tersembunyi dan di kepala saya) tujuan dari strategi ini adalah untuk mengajarkan siswa bagaimana dengan mudah memahami teks bacaan. Alih-alih, strategi ini membantu mereka membaca secara strategis. Kemudian, strategi ini juga membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir mereka karena mereka dapat mempelajari berbagai sumber jawaban untuk mahamani pertanyaan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: "Apakah ada perbedaan yang signifikan dari prestasi pemahaman membaca siswa yang diajarkan dengan dan tanpa menggunakan strategi 3H (Di Sini, Tersembunyi, dan di Kepala saya)?". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Strategi 3H (Di Sini, Tersembunyi, dan di Kepalaku) efektif digunakan dalam pengajaran pemahaman membaca atau tidak. Penelitian ini menggunakan desain quasai eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas dua SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MM 1 sebagai kelompok kontrol yang terdiri dari 35 siswa dan XI OTKP 1 sebagai kelompok eksperimen terdiri dari 36 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk tes. Untuk menganalisis data yang dikumpulkan, peneliti menggunakan perangkat lunak versi SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas kontrol dan post-test kelas eksperimen. Mean post-test di kelas kontrol adalah 73,71 dan Mean post-test di kelas eksperimen adalah 84.67 lebih tinggi dari kelas kontrol. Itu berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dan tanpa diajar menggunakan strategi 3H (Di sini, tersembunyi dan di kepala saya). Kemudian, hasil Uji-t Sampel Independen menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari tingkat signifikansi (0,000 <0,05). Itu dapat diartikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol ditolak. Dapat dilihat bahwa perlakuan yang diberikan efektif pada pencapaian pemahaman membaca siswa di kelas eksperimen. Sebagai hasilnya, peneliti menyimpulkan bahwa strategi 3H (Di Sini, Tersembunyi, dan di kepalaku) efektif dalam pengajaran penguasaan pemahaman bacaan di kelas dua SMKN 1 Boyolangu Tulungagung tahun akademik 2018/2019 karena ada perbedaan yang signifikan dalam Prestasi pemahaman membaca siswa yang diajarkan dengan dan tanpa menggunakan strategi 3H (Di Sini, Tersembunyi, dan di Kepala saya).

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: 17203153145 sa'adatul hayati
Date Deposited: 19 Jul 2019 03:37
Last Modified: 13 Apr 2020 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12167

Actions (login required)

View Item View Item