Strategi Pengelolaan Kelas yang Dilakukan Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Wlingi Kabupaten Blitar

Khuzainur, Rohmah (2012) Strategi Pengelolaan Kelas yang Dilakukan Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Wlingi Kabupaten Blitar. [ Skripsi ]

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (23kB)
[img] Text
daftar pustaka iiin.doc

Download (43kB)
[img] Text
BAB II---bereees.docx

Download (92kB)
[img] Text
BAB III-tiga.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB I-satu.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB IV-.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB VI.docx

Download (31kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Dengan kata kunci : Strategi-Pengelolaan Kelas Yang Dilakukan Guru-Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh peran guru dalam kegiatan pembelajaran, karena guru mempunyai tanggung jawab besar dalam perkembangan kepribadian siswa, terutama yang terjadi di kelas, oleh sebab itu guru dituntut untuk memiliki keterampilan dalam pengelolaan kelas. Dalam hal ini peneliti mengkaji bagaimana strategi pengelolaan kels yang yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Wlingi Blitar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1)Strategi guru mengelola lingkungan belajar yang kondusif di kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, dengan rumusan masalah Bagaimana strategi guru menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif di kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa? (2)Bagaimana strategi guru menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan siswa di kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa? (3)Bagaimana strategi guru mengatur ruang belajar di kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa? (4)Bagaimana strategi guru mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi pada saat proses belajar mengajar di kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui strategi guru menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif di kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. (2)Untuk mengetahui strategi guru menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan siswa di kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. (3)Untuk mengetahui strategi guru mengatur ruang belajar di kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. (4)Untuk mengetahui strategi guru mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi pada saat proses belajar mengajar di kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Wlingi Blitar. Maka dalam melakukan penelitian ini digunakan metode penelitian sesuai dengan tujuan penelitian, yaitu metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang strategi guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di kelas. Sedangkan metode observasi dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sarana prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Dalam kegiatan pembelajaran, hal penting yang harus dikuasai guru adalah strategi guru dalam mengelola kelas, pencapaian prestasi belajar siswa itu tergantung dari tindakan guru di kelas, salah satu aspek yang bisa dilakukan guru adalah menciptakan lingkungan belajar yang kondusif pada saat kegiatan belajar mengajar di kelas dengan optimal. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode diatas, disarankan. (1)guru harus bisa mengenali berbagai jenis kelas yang akan dikelola (2) mengenal siswa lebih dekat dalam suatu interaksi belajar di kelas (3)guru harus bisa mengatur posisi duduk yang tepat dan memlihara keindahan dan kebersihan kelas (4) guru harus bisa membangitkan minat belajar siswa dengan penggunaan metode, media dan gaya mengajar yang bervariasi serta berkepribadian yang religius.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 10 Feb 2015 08:29
Last Modified: 10 Feb 2015 08:29
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1212

Actions (login required)

View Item View Item