PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS VII DI MTsN 2 TULUNGAGUNG

ADAM IBRAHIM AZ-ZAM ZAMI, 17201153286 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS VII DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (888kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII di MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Adam Ibrahim Az-zam Zami, NIM. 17201153286, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Ahmad Nurcholis, SS. M. Pd., NIP 19780801 2009011 006 Kata kunci: Model Pembelajaran Team Games Tournament, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh dikarenakan beberapa faktor. Diantara faktor tersebut adalah penggunaan model pembelajaran kurang menarik, siswa tidak terlibat dalam proses pembelajaran. Dengan demikian diperlukan inovasi baru dalam pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaraan Team Games Tournament. Model Pembelajaran Team Games Tournament merupakan model pembelajaran yang melibatkan suatu aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan dan reinforcement (pengguatan). Dengan adanya team games tournament suatu pembelajaran dapat menjadikan siswa pasif menjadi lebih aktif, membangun percaya diri siswa, serta membuat semangat dan antusiasme siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran team games tournament terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTsN 2 Tulungagung. 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran team games tournament terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTsN 2 Tulungagung. 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran team games tournament terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTsN 2 Tulungagung. Metode penelitian: penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya Eksperimen Semu, variabel bebas: model pembelajaran team games tournament (X), variabel terikat: motivasi belajar (Y1) dan hasil belajar (Y2). Populasi: seluruh siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung yang berjumlah 367 siswa. Sampling: cluster random sampling. Sampel: 76 siswa. Sumber data: responden dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data: observasi, angket, tes dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t-test dan uji Manova. Hasil penelitian: 1) Ada pengaruh model pembelajaran team games tournament terhadap motivasi belajar siswa, dibuktikan dengan thitung 8.584 > ttabel 1,992 dengan signifikansi 0,000<0,05. 2) Ada pengaruh model pembelajaran team games tournament terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dengan thitung 5,857>ttabel 1,992 dengan signifikansi 0,000<0,05. 3) Ada pengaruh Ada pengaruh model pembelajaran team games tournament terhadap motivasi dan hasil belajar siswa, dibuktikan dengan Fhitung 55,549>Ftabel 3,97 dengan signifikansi 0,000<0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153286 ADAM IBRAHIM AZ-ZAM ZAMI
Date Deposited: 18 Jul 2019 06:59
Last Modified: 18 Jul 2019 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12093

Actions (login required)

View Item View Item