JUAL BELI PRODUK SUSU KEMASAN SECARA ILEGAL DITINJAU DARI UU NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Home Industry Desa Purworejo Sanankulon Blitar)

RISKI EKA AGUSTINA, 17101153015 (2019) JUAL BELI PRODUK SUSU KEMASAN SECARA ILEGAL DITINJAU DARI UU NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Home Industry Desa Purworejo Sanankulon Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Riski Eka Agustina, NIM. 17101153015, Jual Beli Produk Susu Kemasan Secara Ilegal Ditinjau Dari UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Kosumen dan Hukum Islam (Studi Kasus Home Industry Desa Purworejo Sanankulon Blitar), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum, IAIN Tulungagung, 2019, Pembimbing Lailatul Nikmah M.Pd Kata kunci: Jual Beli, Produk Susu Kemasan Secara Ilegal, UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, Hukum Islam. Jual beli merupakan kegiatan tukar menukar barang dengan sejumlah uang antar manusia satu dengan manusia lain yang dalam kehidupan sehari-hari tidak dapat dipisahkan. Manusia memiliki kebutuhan hidup yang paling pokok yaitu berupa sandang (pakaian), pangan (makanan) dan papan (tempat tinggal). Ketiga kebutuhan hidup manusia tersebut sangatlah penting dan paling utama di bandingkan dengan kebutuhan lainnya. Jual beli produk makanan maupun minuman yang secara ilegal sangat banyak sekali di Negara Indonesia ini, seperti di Home Industry Desa Purworejo Sanankulon Blitar. Disana memproduksi serta menjual produk berupa susu kemasan yang pada dasarnya susu tersebut beredar secara ilegal. Secara umum jual beli produk secara ilegal di larang karena belum memiliki ijin dari BPOM serta label halal dari MUI. Produk yang masih ilegal sangatlah mebahayakan konsumen. Apalagi di Negara juga sudah di atur mengenai UU yang melindungi konsumen yakni UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Melihat fenomena di atas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana praktek jual beli produk susu kemasan secara ilegal di Home Industry desa Purworejo Sanankulon Blitar? (2) Bagaimana tinjauan dalam UU No. 8 Tahun 1999 terhadap perlindungan konsumen terkait jual beli produk susu kemasan secara ilegal di Home Industry desa Purworejo Sanankulon Blitar? (3) Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap jual beli produk susu kemasan secara ilegal di Home Industry desa Purworejo Sanankulon Blitar? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana praktek jual beli produk susu kemasan secara ilegal di Home Industry desa Purworejo Sanankulon Blitar. (2) Untuk menganalisis bagaimana tinjauan dalam UU No. 8 Tahun 1999 terhadap perlindungan konsumen terkait jual beli produk susu kemasan secara ilegal di Home Industry desa Purworejo Sanankulon Blitar. (3) Untuk menganalisis bagaimana tinjauan hukum islam terhadap jual beli produk susu kemasan secara ilegal di Home Industry desa Purworejo Sanankulon Blitar. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yakni metode observasi, wawancara dan dokomentasi. Observasi dilakukan langsung di lokasi untuk mengetahui situasi dan kondisi bagaimana transaksi jual beli produk susu kemasan secara ilegal di Home Industry desa Purworejo Sanankulon Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Hukum > Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 17101153015 RISKI EKA AGUSTINA
Date Deposited: 12 Jul 2019 02:36
Last Modified: 12 Jul 2019 02:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12085

Actions (login required)

View Item View Item