IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN JUZ 30 DALAM MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Studi Multi Kasus di MTsN 1 dan MTs Alkhairaat Kota Ternate)

FARDI A. BATA, 12506174024 (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN JUZ 30 DALAM MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Studi Multi Kasus di MTsN 1 dan MTs Alkhairaat Kota Ternate). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Program Tahfidz Al-Quran Juz 30 dalam Mewujudkan Kemandirian Belajar Siswa (Studi Multi Kasus di MTsN 1 dan MTs Alkhairaat Kota Ternate” ini ditulis oleh Fardi A. Bata dengan dibimbing oleh Dr. H. As’aril Muhajir, M.Ag dan Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag Kata Kunci: Implementasi Program, Program Tahfidz, Tahfid Al-Quran, Kemandirian Belajar Siswa Implementasi progran tahfidz al-Qur’an juz 30 sangatlah penting dalam mewujudkan kemandirian siswa terutama bagi madrasah yang memiliki program tahfidz al-Qur’an. Program Tahfidz inilah yang memberikan pembelajaran pada siswa untuk lebih disiplin, mandiri dan bertanggungjawab. MTsN 1 dan MTs Alkhairaat Kota Ternate dapat mengimplementasi program Tahfidz dari Kantor Kementerian Agama Kota Ternate dengan program, langkah-langkah pelaksanaan pembelajara dan metode pembelajaran dalam melaksanakan program tersebut dapat mewujudkan kemandirian belajar pada siswa. Sehingga kedua madrasah tersebut mampu menjadikan siswa penghafal al-Qur’an yang disiplin, mandiri dan bertanggungjawab. Tentulah hal ini juga didukung oleh pelaksana program yang baik pada kedua madrasah tersebut. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Juz 30 dan Mewujudkan Kemandirian Siswa. Adapun implementasi program tahfidz al-Qur’an juz 30 dalam tesis ini meliputi program tahfidz al-Qur’an juz 30, langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran program tahfidz al-Qur’an juz 30 dan metode pembelajaran program tahfidz al-Qur’an juz 30. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan program tahfidz al-Qur’an juz 30 dalam mewujudkan kemandirian belajar siswa. 2) Mendiskripsikan pembelajaran program tahfidz al-Qur’an juz 30 dalam mewujudkan kemandirian siswa. 3) Mendiskripsikan metode pembelajaran program tahfidz al-Qur’an juz 30 dalam mewujudkan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pendekatan penelitian: deskriptif dengan rancangan studi multikasus.Teknik pengumpulan data: observasi langsung, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan metode triangulasi. Setelah penulis mengadakan penelitian, maka pada akhirnya dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Program Tahfidz Al-Qur’an Juz 30 dalam Mewujudkan Kemandirian Belajar Siswa meliputi penentuan program, penanggung jawab program, materi dan jadwal program serta indikator keberhasilan. 2) Langkah-langkah Pembelajaran Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Mewujudkan Kemandirian Belajar Siswa meliputi penyetoran hafalan siswa pada guru tahfidz, perbaikan hafalan dan makhraj, memurajaah hafalan, memotivasi dan menentukan hafalan siswa pada pertemu berikutnya3) Metode Menghafal Al-Qur’an Juz 30 dalam Mewujudkan Kemandirian Belajar Siswa meliputi metode, jama’, taqrirdan talaqqi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506174024 FARDI A. BATA
Date Deposited: 16 Jul 2019 06:40
Last Modified: 16 Jul 2019 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12084

Actions (login required)

View Item View Item