STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN KARAKTER ISLAMI SISWA DI MTsN 2 TULUNGAGUNG

ANSOR FERI MAHMUDI, 17201153212 (2019) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN KARAKTER ISLAMI SISWA DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (988kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Karakter Islami Siswa di MTsN 2 Tulungagung” ini di tulis oleh Ansor Feri Mahmudi, NIM. 1720115321 2, di bimbing oleh Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M. Ag. Kata Kunci : Strategi guru akidah akhlak, Menanamkan karakter Islami Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya permasalahan moral berkaitan dengan karakter anak usia sekolah yang ditunjukan melalui berbagai media dan berita. Hal ini menjadi suatu ketimpangan dengan tujuan pendidikan karakter di Indonesia yang bisa dikatakan masih belum optimal. Dalam menanamkan karakter siswa, guru memiliki peran yang sangat penting, sehingga perlu adanya strategi guru dalam menanamkan karakter agar tujuan dari penanamn karakter bisa benar-benar terwujud. Karakter utama yang perlu ditanamkan adalah karakter religius atau karakter islami khususnya di lembaga madrasah. Fokus skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter islami siswa di MTsN 2 Tulungagung ? (2) Bagaimana problematika strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter islami siswa di MTsN 2 Tulungagung ? (3) Bagaimana solusi problematika strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter islami siswa di MTsN 2 Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter islami siswa di MTsN 2 Tulungagung (2) Mendeskripsikan problematika strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter islami siswa di MTsN 2 Tulungagung (3) Mendeskripsikan solusi problematika strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter islami siswa di MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Lokasi penelitian ini di Desa Tunggangri, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan data reduksi (reduksi data), data display (penyajian data), consclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Pengabsahan data mengunakan perpanjangan kehadiran peneliti, triagulasi dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter islami siswa di MTsN 2 Tulungagung melalui kegiatan pembelajara dikelas dan melalui kegiatan-kegiatan keagamaan di luar kelas. (2) Problematika strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter islami siswa di MTsN 2 Tulungagung dari internal siswa: memiliki sifat bandel,serta minat dan motivasi belajarnya masih kurang. Sedangkan dari eksternal siswa: latar belakang orang tuanya bekerja sebagai TKI, pergaulan lingkungan yangkurang baik, pengaruh gadget, jumlah siswa dalam kelas terlalu banyak dan terbatasnya jumlah LCD projector untuk media pembelajaran. (3) solusi problematika strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter islami siswa di MTsN 2 Tulungagung (a) solus problematika dari internal siswa yaitu setiap siswa diberi buku pribadi siswa sebagai kontrol dan kendali siswa, guru selalu memotivasi siswa dan mememberikan inspirasi untuk meningkatkan minat belajar siswa, (b) problematika dari eksternal siswa yaitu melakukan sinergritas semua pihak baik di lingkungan madrasah maupun dengan wali, menetapkan peraturan larangan siswa membawa hp di madrasah, serta memaksimalkan kreatifitas guru untuk mengatasi keterbatasan media pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153212 ANSOR FERI MAHMUDI
Date Deposited: 11 Jul 2019 01:08
Last Modified: 11 Jul 2019 01:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12056

Actions (login required)

View Item View Item