STRATEGI USTADZ/USTADZAHDALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-FATTAHIYYAHNGRANTI BOYOLANGU TULUNGAGUNG

INTAN ALIFAH SAFITRI, 17201153283 (2019) STRATEGI USTADZ/USTADZAHDALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-FATTAHIYYAHNGRANTI BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (387kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Ustadz/Ustadzah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Menghafal Al Qur’an di Pondok Pesantren Al Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung” di tulis oleh Intan Alifah Safitri, NIM 17201153283, Pembimbing Dr.H.Muwwahid Shulhan M.Ag. Kata kunci: Strategi, Menghafal Al Qur’an Konteks penelitian: Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa Hafalan Al Qur’an semakin banyak diterapkan di Lembaga Pendidikan Islam, termasuk di Pondok Pesantren Al Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung. Keberhasilan dalam menghafal Al Qur’an ini salah satunya adalah ditentukan oleh Upaya atau Strategi yang disusun secara khusus untuk meningkatkan hafalan tersebut. Maka dari itu penting bagi seorang pendidik untuk bisa memilih dan menggunakan cara yang tepat dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an. Fokus penelitian: (1) Bagaimana langkah–langkah Strategi Ustadz/Ustadzah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Menghafal di Pondok Pesantren Al Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung, (2) Bagaimana hambatan Strategi Ustadz/Ustadzah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Menghafal di Pondok Pesantren Al Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung (3)Bagaimana dampak Strategi Ustadz/Ustadzah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Menghafal di Pondok Pesantren Al Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung Tujuan penelitian: (1) Langkah-langkah Strategi Ustadz/Ustadzah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Menghafal di Pondok Pesantren Al Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung, (2) Hambatan Strategi Ustadz/Ustadzah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Menghafal di Pondok Pesantren Al Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung, (3) Dampak Strategi Ustadz/Ustadzah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Menghafal di Pondok Pesantren Al Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung. Metode penelitian: Pendekatan kualitatif. Lokasipenelitiandi Pondok Pesantren Al–Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung.Pengumpulan datamenggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi denganteknikanalisis data melaluireduksi data, penyajian data dan penarikankesimpulan.Teknikkeabsahandata dengan perpanjangankeikutsertaan, keajekan pengamat, triangulasi data dan pengecekan teman sejawat.Tahappenelitian, penelitimenggunakantahappra-lapanan, pelaksanaan, dan laporan. Hasil penelitian: (1) Strategi Ustadz/Ustadzah dalam meningkatkan motivasi belajar menghafal Al Qur’an adalah dengan menggunakan sistem muraja’ah dan metode wahdah atau fattahiyyah.Adapun strategi – starategi ustadz/ustadzah yang lainya adalah dengan ceramah/tausiyah, menerapkan metode wahdah, hukuman,adanya lomba atau ujian, (2) Hambatan stategi Ustadz/Ustadzah dalam meningkatkan motivasi menghafal Al Qur’an adalah malas untuk menghafal Al Qur’an,merasa bosan untuk menghafal,haidzah,sulit mengatur waktu, santri sering pulang karena sakit, tidak konsen karena lawan jenis, lupa akan ayat yang sudah dihafal, (3) Dampak Strategi Ustazd/Ustadzahdalam Meningkatkan motivasi belajar Al Qur’an adalah dampak bagi santri santri lebih semangat dalam menghafal,santri banyak yang mendapatkan juara,banyak yang mengikuti program tahfidz.sedangkan dampak bagi Lembaga atau Pondok Pesantren adalah mendapatkan kepercayaan untuk memondokkan putra – putrinya di lembaga tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1701153283 INTAN ALIFAH SAFITRI
Date Deposited: 18 Jul 2019 06:28
Last Modified: 18 Jul 2019 06:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12047

Actions (login required)

View Item View Item