ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SPLDV KELAS VIII DI MTsN 1 BLITAR TAHUN AKADEMIK 2018/2019

ERNA NOR SAHIDAH, 17204153023 (2019) ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SPLDV KELAS VIII DI MTsN 1 BLITAR TAHUN AKADEMIK 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (490kB)
[img] Text
ABSTRAK..pdf

Download (256kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Analisis Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah Langkah Polya Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi SPLDV Kelas VIII Di MTsN 1 Blitar Tahun Ajaran 2018/2019ini ditulis oleh Erna Nor Sahidah, NIM 17204153023, dosen pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd.,MM. Kata Kunci: Pemecahan, Masalah, Soal, Cerita, Materi SPLDV, Polya Salah satu langkah pemecahan masalah matematika adalah menurut langkah-langkah Polya. Langkah-langkah pemecahan masalah Polya lebih mementingkan tentang berpikir mengenai proses, bukan mementingkan hasil.Ada 4 tahapan dalam pemecahan masalah menurut Polya, yaitu: Pemahaman pada masalah (identifikasi dari tujuan), Membuat rencana pemecahan masalah, Melaksanakan rencana, Lihatlah kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis karakteristik pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV berdasarkan langkah-langkah Polya. 2) Faktor yang mempengaruhi pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Teknik yang dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Responden penelitian ini adalah siswa MTsN 1 Blitar. Hasil penelitian menunjukkan, 1) Pada langkah memahami masalah, siswa ada yang sudah mampu mengetahui informasi yang terdapat di dalam masalah. Terkadang siswa sudah paham apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal, tetapi siswa tidak menuliskannya di dalam lembar jawabannya. Pada tahap ini siswa sering lupa dalam memisalkan sesuatu sebelum diubah ke dalam bentuk persamaan. Langkah kedua membuat rencana pemecahan masalah. Pada langkah ini, siswa kesulitan dalam membuat sub masalah. Siswa belum mampu menyatakan masalah ke dalam model matematikanya. Langkah yang ketiga yaitu melaksanakan rencana penyelesaian masalah. Siswa dalam menggunakan konsep ataupun rumus matematika dalam memecahkan masalah sudah benar. Siswa sudah mampu menemukan dan menyatakan solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah tersebut. Langkah yang terakhir yaitu mengevaluasi hasil. Pada langkah ini terkadang siswa belum benar dalam menuliskan hasil kesimpulan. 2) Faktor yang mempengaruhi pemecahan masalah adalah faktor internal dan ekstenal. Faktor internal yang mempengaruhinya antara lain siswa kurang teliti, siswa belum paham materi dan faktor eksternal yang mempengaruhinya adalah suasana kelas yang kurang kondusif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153023 ERNA NOR SAHIDAH
Date Deposited: 10 Jul 2019 07:04
Last Modified: 10 Jul 2019 07:04
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12038

Actions (login required)

View Item View Item