STRATEGI BAURAN PEMASARAN BUDIDAYA IKAN LELE DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN SEKTOR PERIKANAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kelompok Tani Omah Iwak Desa Pandansari Ngunut Tulungagung)

KRISNA YOGA SEPTA ANTORI, 17402153030 (2019) STRATEGI BAURAN PEMASARAN BUDIDAYA IKAN LELE DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN SEKTOR PERIKANAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kelompok Tani Omah Iwak Desa Pandansari Ngunut Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Bauran Pemasaran Budidaya Ikan Lele dalam Meningkatkan Pendapatan Sektor Perikanan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Kelompok Tani Ikan Omah Iwak Pandansasi – Ngunut – Tulungagung)” ini ditulis oleh Krisna Yoga Septa Antori, NIM. 17402153030, pembimbing Muhammad Aqim Adlan, M.E.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah pemainan harga dari tengkulak ikan lele yang mengakibatkan kelompok pembudidaya ikan lele menjadi merugi. Mereka tidak bisa menghindari permainan harga ikan dari para tengkulak karena keterbatasan sistem pemasaran. Akhirnya muncul solusi pemakaian strategi bauran pemasaran yang mana strategi ini saling berkesinambungan mulai dari produk, harga, promosi, dan tempat penjualan. Tujuan pemilihan bauran pemasaran ini adalah untuk memperluas pasar dan mempermudah pemasaran serta meminimalisis permainan harga oleh tengkulak yang menyebabkan kelompok pembudidaya ikan lele merugi. Fokus kajian ini diarahkan pada: 1) Bagaimanakah penerapan strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh kelompok tani Omah Iwak Desa Pandansari Ngunut Tulungagung?, 2) Bagaimanakah kendala penerapan dan solusi kelompok tani Omah Iwak menetapkan strategi bauran pemasaran tersebut?, 3) Bagaimanakah tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi bauran pemasaran budidaya ikan lele dalam meningkatkan pendapatan sektor perikanan kelompok tani Omah Iwak Desa Pandansari Ngunut Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer maupun sekunder yang diperoleh peneliti melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: 1) Penerapan strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh kelompok tani Omah Iwak sudah berjalan sesuai prosedur yang diberikan Dinas Perikanan Tulungagung dan teori yang ada serta termasuk kategori berhasil, 2) Kendala yang dihadapi kelompok tani ikan Omah Iwak adalah a) kendala internal meliputi keterbatasan kolam, modal terbatas dan anggota yang pasif. b) kendala eksternal meliputi penyakit pada ikan dan Feed Confersion Ratio atau randoman pakan ikan. Untuk solusi a) kendala internal meliputi meminjami kolam dengan sistem bagi hasil, meminjam modal antar anggota atau perbankan dan komunikasi yang baik agar anggota menjadi aktif. b) kendala eksternal meliputi pemberian obat pada ikan yang terkena penyakit dan pembelian pakan berkala dan juga rotasi pakan, 3) Kelompok tani ikan Omah Iwak sudah menerapkan ekonomi Islam dalam usaha budidayanya dan berhasil meningkatkan perekonomian anggota kelompok. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Ekonomi Islam, Pendapatan Petani Ikan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153030 Krisna Yoga Septa Antori
Date Deposited: 11 Jul 2019 02:57
Last Modified: 02 Apr 2020 11:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12035

Actions (login required)

View Item View Item