PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA PADA SISWA KELAS SATU MI MIFTAHUL QULUB (Studi Kasus di MI Miftahul Qulub Tawar Gondang Mojokerto)

ERLINA ISFIATIN, 17205153363 (2019) PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA PADA SISWA KELAS SATU MI MIFTAHUL QULUB (Studi Kasus di MI Miftahul Qulub Tawar Gondang Mojokerto). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI fix.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (245kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Pemerolehan Bahasa Kedua Pada Siswa Kelas 1 MI Miftahul Qulub (Studi Kasus di MI Miftahul Qulub Tawar Gondang Mojokerto)” ini ditulis oleh Erlina Isfiatin, NIM. 17205153363, Pembimbing Mustofa, S.S., M. Pd. Kata kunci : pemerolehan bahasa anak, pemerolehan bahasa kedua Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa anak-anak di MI MIFTAHUL QULUB TAWAR GONDANG yang bertempat di Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang hubungan pemerolehan bahasa dengan sosiolinguistik pada saat melakukan interaksi dan bersosialisai dengan teman, guru dan lingkungannya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat diambil fokus penelitian: (1) Bagaimana pemerolehan bahasa kedua pada siswa kelas 1 dalam sehari-hari (studi kasus pada MI Miftahul Qulub Tawar Gondang Mojokerto)?; (2) Bagaimana problematika pemerolehan Bahasa kedua pada siswa kelas 1 MI (studi kasus pada MI Miftahul Qulub Tawar Gondang Mojokerto)?; (3)Bagaimanakah hasil pemerolehan bahasa kedua pada siswa kelas 1 MI (studi kasus pada MI Miftahul Qulub Tawar Gondang Mojokerto)? Dalam hal ini metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana peneliti sebagai key instrument, sumber data berupa data primer dan skunder, teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi, analisis data dengan mereduksi, menyajikan data dan menarik kesimpulan, dan pengecekan keabsahan melalui teknik triangulasi, dan data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kulitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses dalam pemerolehan bahasa ini masih kurang karena pemerolehan bahasa berbeda dengan pembelajaran bahasa. Pembelajaran bahasa berkaitan dengan proses-proses yang terjadi pada waktu anak mempelajari bahasa sehingga dapat di terapkan di kehidupaan sehari-hari (2) Problematika saat pemerolehan bahasa pada anak yaitu dar faktor lingkungan, keluarga dan teman sebaya. (3) Hasil pemerolehan bahasa yaitu pembiasaan dengan membiasakan anak berbahasa dengan baik dan benar, kebiasaan yang akan membiasakan anak berbahasa dengan baik dan benar, dan sosiolinguistik yaitu bersosialisasi ataupun berinteraksi dengan menggunakan bahasa dengan baik dan benar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Skripsi 17205153363 Erlina Isfiatin
Date Deposited: 10 Jul 2019 04:10
Last Modified: 30 Mar 2020 10:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12027

Actions (login required)

View Item View Item