PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MIN 2 BLITAR

ALAIK ZULFIKAR AZIZ, 17205153247 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa di MIN 2 Blitar”, ini ditulis oleh Alaik Zulfikar Aziz, NIM 17205153247. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Abdul Aziz Faradi, M. Hum, NIP 198404142014031004. Kata Kunci:Media Berbasis Visual, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Pembelajaran matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang paling sulit bagi kebanyakan siswa.Menjadikan motivasi untuk belajar menjadi rendah dan juga pemahaman siswa terhadap materi juga berkurang. Terutama ketika memasuki materi yang dianggap sulit, para siswa akan langsung mengeluh ketika baru mendapati sebuah masalah. Oleh karena itu seorang guru harus mempunyai cara agar motivasi belajar dan hasil belajar matematika dapat ditingkatkan. Salah satu caranya dengan menggunakan media pembelajaran berbasis visual.Media visual adalah media yang berkaitan dengan indera penglihatan.Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan.Visual juga dapat menumbuhkan minat dan motivasi siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Diharapkan dengan penggunaan media berbasis visual dalam pembelajaran anggapan siswa tentang matematika akan berubah, sehingga porses belajar matematika menjadi menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media berbasis visual terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas V MIN 2 Blitar (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media berbasis visual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MIN 2 Blitar (3) Untuk mengetahui apakah adabesarnya pengaruh penggunaan media berbasis visual terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V MIN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian quasi eksperimental design (eksperimen semu).Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 2 Blitar yang berjumlah 52 siswa.Dalam pengambilan sampel digunakan teknik non probability sampling, dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol.Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah (1) tes, (2) angket, (3) observasi, dan (4) dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi belajar siswa dan tes yang berupa post test untuk mengukur hasil belajar siswa sesudah diberi perlakuan. Instrumen soal sebelum digunakan untuk memperoleh data yang objektif, maka terlebih dahulu dilakukan pengujian validasi dan reliabilitas.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji MANOVA yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh penggunaan media berbasis visual terhadap motivasi belajar siswa kelas V MIN 2 Blitar. Berdasarkan analisis uji MANOVA diperoleh nilai signifikansi (Sig.) adalah 0,043. Jadi probabilitas 0,043 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media berbasis visual terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas V MIN 2 Blitar. (2) Ada pengaruh penggunaan media berbasis visual terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 2 Blitar. Berdasarkan analisis uji MANOVA diperoleh nilai signifikansi (Sig.) adalah 0,000. Jadi probabilitas 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media berbasis visual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MIN 2 Blitar. (3) Ada pengaruh penggunaan media berbasis visual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas V MIN 2 Blitar. Berdasarkan analisis uji MANOVA diperoleh nilai signifikansi (Sig.) adalah 0,000. Jadi probabilitas 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media berbasis visual terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V MIN 2 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153247 ALAIK ZULFIKAR AZIZ
Date Deposited: 10 Jul 2019 03:32
Last Modified: 10 Jul 2019 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12026

Actions (login required)

View Item View Item