PENGEMBANGAN BUDAYA DISIPLIN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA DI SD ISLAM AL FIRDAUS BLIMBING GURAH KEDIRI

SISKA NISWATUL JANNAH, 17205153176 (2019) PENGEMBANGAN BUDAYA DISIPLIN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA DI SD ISLAM AL FIRDAUS BLIMBING GURAH KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (883kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (395kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Budaya Disiplin dalam Membentuk Kepribadian Siswa di SD Islam Al Firdaus Blimbing Gurah Kediri” ditulis oleh Siska Niswatul Jannah, NIM 17205153176, pembimbing Dr. Muhamad Zaini, MA. Kata kunci: Pengembangan, Budaya Disiplin, Kepribadian Pengembangan budaya disiplin adalah suatu usaha untuk meningkatkan pembiasaan diri dalam menaati atau mematuhi peraturan dan ketentuan yang telah diterapkan dengan cara mengendalikan diri agar tidak melakukan pelanggaran yang dilakukan secara berkelanjutan dan bertahap sehingga akan terbentuk atau tertanam kuat pada pribadi siswa. Hasil yang diharapkan dari pengembangan budaya disiplin ini adalah dapat membentuk kepribadian siswa. Kepribadian yang diharapkan dari pengembangan budaya disiplin ini adalah kepribadian muslim. Pertanyaan penelitian adalah: (1) Bagaimana bentuk-bentuk budaya disiplin dalam membentuk kepribadian siswa di SD Islam Al Firdaus Blimbing Gurah Kediri? (2) Bagaimana proses pengembangan budaya disiplin dalam membentuk kepribadian siswa di SD Islam Al Firdaus Blimbing Gurah Kediri? (3) Bagaimana hambatan pengembangan budaya disiplin dalam membentuk kepribadian siswa di SD Islam Al Firdaus Blimbing Gurah Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi, dan review informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk-bentuk budaya disiplin yaitu disiplin mengumpulkan tugas tepat waktu, datang ke sekolah tepat waktu, berseragam rapi dan lengkap, shalat dhuha dan dhuhur berjamaah, mengaji bersama, menerapkan 3S (senyum salam, dan sapa). (2) proses pengembangan budaya disiplin ada tiga langkah yaitu Perencanaan, yaitu kepala sekolah beserta guru dan staf karyawan mempersiapkan konsep budaya disiplin yang akan dikembangkan berupa aturan-aturan yang akan diterapkan. Pelaksanaan, yaitu mengimplementasikan budaya disiplin pada setiap kegiatan disekolah. Evaluasi, yaitu mengevaluasi pelaksanaan upaya pengembangan budaya disiplin dan penetapan sikap serta perilaku disiplin yang sudah tercipta menjadi norma yang benar (3) hambatannya yaitu ada satu atau dua siswa yang bandel dan merasa paling benar, siswa datang ke sekolah tidak tepat waktu, karena faktor dari luar siswa seperti terlambat mengantar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153176 SISKA NISWATUL JANNAH
Date Deposited: 11 Jul 2019 03:30
Last Modified: 11 Jul 2019 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12017

Actions (login required)

View Item View Item