IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTsN 2 TRENGGALEK

ALFI NIKMATUL MUZAMMIL, 17201153481 (2019) IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTsN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (182kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Budaya Religius dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MTsN 2 Trenggalek” yang ditulis oleh Alfi Nikmatul Muzammil, NIM 17201153481, dibimbing oleh Dr.Muhammad Zaini, M.A Kata kunci: budaya religius, Karakter Budaya religius, penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana tingkat kesadaran peserta didik dalam beragama masih kurang. Karena peserta didik dalam memahami agama Islam hanya mampu pada ranah kognitif saja. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan masalah kurangnya kesadaran tersebut perlu adanya penanaman nilai-nilai agama Islam secara menyeluruh, misalnya melalui budaya religius di suatu lembaga pendidikan. Budaya ini nantinya akan menjadi habbit dan secara tidak langsung akan tumbuh dalam diri siswa. Maka dari itu peneliti mengambil tema penanaman budaya relegius dalam membentuk karakter peserta didik. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi budaya religius dalam membentuk karakter peserta didik di MTsN 2 Trenggalek? (2) Bagaimana hambatan implementasi budaya religius dalam membentuk karakter peserta didik di MTsN 2 Trenggalek? (3) Bagaimana dampak implementasi budaya religius dalam membentuk karakter peserta didik di MTsN 2 Trenggalek?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memaparkan implementasi budaya religius dalam membentuk karakter peserta didik di MTsN 2 Trenggalek. (2) Untuk memaparkan hambatan implementasi budaya religius dalam membentuk karakter peserta didik di MTsN 2 Trenggalek (3) Untuk memaparkan dampak implementasi budaya religius dalam membentuk karakter peserta didik di MTsN 2 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitianya adalah deskripsi study kasus.Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya sesuai model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan uji kredibilitas, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi budaya religius di MTsN 2 Trenggalek yaitu, (1) Kegiatan baca al-Qur’an 15 menit sebelum pelajaran dimulai. (2) Kegiatan shalat dzuhur berjama’ah,(3) Pembiasaan berjabat tangan,(4) Kegiatan jum’at taqarub. Hambatan penerapan budaya religius dalam membentuk karakter peserta didik diantaranya yaitu: (1) Kurangnya sarana prasarana. (2) Kurangnya kePahaman peserta didik dalam membaca al-Qur’an. (3) kurangnya kedisiplinan shalat berjamaah. (4) Kemalasan peserta didik. Adapun dampak dari implementasi budaya religius yaitu: (1) Peserta didik memiliki etika dan kesopanan. (2) Peserta didik lebih taat dan rajin beribadah. (3) Peserta didik menjadi pribadi yang ramah terhadap sesama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153481 ALFI NIKMATUL MUZAMMIL
Date Deposited: 11 Jul 2019 07:24
Last Modified: 11 Jul 2019 07:24
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/12009

Actions (login required)

View Item View Item