Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Terpadu Al - Anwar Durenan Trenggalek

Muhammad Bahrul, Ulum (2011) Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Terpadu Al - Anwar Durenan Trenggalek. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (112kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB IV1 (Autosaved) (Autosaved).docx

Download (91kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (23kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (20kB)
[img] Text
~$emier.NEW (Autosaved).docx

Download (162B)
[img] Text
Premier.NEW (Autosaved).docx

Download (58kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : upaya peningkatan, mutu pendidikan. Latar Belakang Masalah: Madrasah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan tujuan pembangunan nasional dibidang pendidikan. Oleh karena itu lembaga agar senantiasa meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya baik dari tenaga pendidik, tenaga kependidikan, tenaga kepegawaian maupun kepala sekolah atau madrasah supaya dapat mencetak output yang memiliki kualitas baik dari sisi keagamaan maupun sains yang nantinya siap menghadapi tantangan zaman seperti sekarang ini. Dalam menghadapi kenyataan tersebut, sebagai lembaga pendidikan, Madrasah Aliyah Terpadu Al-Anwar melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan mutu pendidikannya. Karena diharapkan dengan adanya mutu pendidikan yang tinggi, maka akan mampu menghasilkan output atau lulusan yang berkualitas, berkompetensi, dan unggul, yang nantinya siap terjun dan bersaing di dalam kehidupan masyarakat global. Rumusan Masalah: 1. Bagaimanakah upaya yang dilakukan dalam peningkatan mutu input di MA Terpadu Al-Anwar Durenan? 2. Bagaimanakah upaya yang dilakukan dalam peningkatan mutu proses di MA Terpadu Al-Anwar Durenan?, 3. Bagaimanakah upaya yang dilakukan dalam peningkatan mutu lingkungan di MA Terpadu Al-Anwar Durenan?, Kegunaan Hasil Penelitian: 1. Secara teoritis: sebagai sumbangan untuk memperkaya khazanah keilmuan, serta sebagai bahan rujukan dan tambahan pustaka pada perpustakaan STAIN Tulungagung; 2. Secara praktis: a). bagi peneliti, untuk menambah wawasan, pola pikir, dan pengalaman yang nantinya dapat diterapkan dalam masyarakat; b). bagi Madrasah Aliyah Terpadu Al-Anwar Durenan, sebagai sumbangan pemikiran, bahan pertimbangan, dan binaan lebih lanjut; c). bagi para pembaca, sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Metode Penelitian: 1. Jenis Penelitian: penelitian kualitatif (kualitatif research) atau naturalistik; 2. Lokasi Penelitian: Madrasah Aliyah Terpadu Al-Anwar Durenan; 3. Kehadiran Peneliti; 4. Sumber Data: person, place, paper; 5. Prosedur Pengumpulan Data: observasi partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi; 6. Teknik Analisis Data: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan; 7. Pengecekan Keabsahan Data: perpanjangan kehadiran, ketekunan atau keajegan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat; 8. Tahap-tahap Penelitian: tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data. Hasil Penelitian: 1. Upaya Madrasah Aliyah Terpadu Al-Anwar Durenan Dalam Meningkatkan Mutu Input melalui; 1) Input manajemen mencakup Visioning, menetapkan strategi-strategi (strategi akademik dan non-akademik), dan kebijakan. 2) Input SDM melalui; rekrutmen calon guru, dan pertemuan (musyawarah) antar intra guru madrasah aliyah (safari guru). 2. Upaya Madrasah Aliyah Terpadu Al-Anwar Durenan dalam meningkatkan mutu proses dapat melalui; 1) proses kepemimpinan dengan cara proses pengambilan keputusan, 2) proses manajemen melalui evaluasi, 3) pengembangan proses belajar mengajar melalui; adanya perangkat pembelajaran, strategi mengelola kelas, dan evaluasi pembelajaran, 4) proses pengelolaan program yang meliputi; pengembangan kurikulum, pengelolaan sumber daya manusia, pelayanan siswa, dan pengelolaan fasilitas. 3. Upaya Madrasah Aliyah Terpadu Al-Anwar Durenan dalam meningkatkan mutu lingkungan melalui; penyediaan dan pengelolaan lingkungan fisik, dan pengelolaan lingkungan non-fisik berupa: pengadaan program jum’at bersih, larangan membawa handphone bagi siswa, larangan merokok.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 10 Feb 2015 07:56
Last Modified: 10 Feb 2015 07:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1200

Actions (login required)

View Item View Item