Penerapan Metode Demonstrasi dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Siyotobagus Besuki Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014

Vidadari, Qorik Fitri (2014) Penerapan Metode Demonstrasi dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Siyotobagus Besuki Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (929kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN INTI.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Media Gambar, Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Siyotobagus Besuki Tulungagung dan menyebabkan prestasi belajarnya rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Ilmu Pengetahuan Alam kurang bervariasi. Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ada beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satunya adalah Metode Demonstrasi dengan Media Gambar, yaitu cara mengajar dimana seorang instruktur atau tim guru menunjukkan, memperlihatkan sesuatu proses, sehingga seluruh siswa dalam kelas dapat melihat, mengamati, mendengar, mungkin meraba-raba, merasakan proses yang dipertunjukkan oleh guru tersebut dan media grafis paling umum digunakan dalam proses pembelajaran. Media gambar memegang peran yang sangat penting dalam proses belajar. Media gambar dapat memperlancar pemahaman (misalnya melalui elaborasi struktur dan organisasi) dan memperkuat ingatan. Gambar adalah salah satu alat yang penting bagi pengajaran dan pendidikan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dengan media gambar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan pertumbuhan tumbuhan siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Siyotobagus Besuki Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode demonstrasi dengan media gambar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan pertumbuhan tumbuhan pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Siyotobagus Besuki Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dengan media gambar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan pertumbuhan tumbuhan siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Siyotobagus Besuki Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. (2) Meningkatkan prestasi belajar melalui penerapan metode demonstrasi dengan media gambar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan pertumbuhan tumbuhan siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Siyotobagus Besuki Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. xvi Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Siyotobagus Besuki Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 75. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Demonstrasi dengan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 70,5 (57,14%) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 83,4 (90,9%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 12,9. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan Metode Demonstrasi dengan Media Gambar dapat meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan pertumbuhan tumbuhan siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Siyotobagus Besuki Tulungagung tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 30 Oct 2014 03:10
Last Modified: 30 Oct 2014 03:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item View Item