PERBANDINGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PENYAJIAN DATA DI MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR

ZUNAIDA KURNIA SARI, 17204153090 (2019) PERBANDINGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PENYAJIAN DATA DI MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (581kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (472kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (851kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbandingan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dan Discovery Learning Pada Materi Penyajian Data Di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Zunaida Kurnia Sari, NIM. 17204153090, pembimbing Maryono, M.Pd. Kata kunci: Model Project Based Learning, Discovery Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Dan Penyajian Data Penelitian ini di latarbelakangi karena masih banyaknya siswa yang kurang termotivasi dengan pelajaran matematika. Matematika masih dianggap momok di kalangan siswa dan dalam pembelajaran matematika guru masih menggunakan model lama, sehingga siswa merasa bosan dengan pelajaran matematika karena guru hanya menggunakan model yang seperti itu saja. Oleh karena itu peneliti ingin membuat suasana belajar yang berbeda dengan menggunakan model berbasis proyek dan penemuan, dimana siswa akan dituntut aktif dalam setiap pembelajaran bukan hanya mendengar dan menerima informasi tetapi juga mengolah serta mengaplikasikan apa yang mereka pelajari. Dengan menggunakan kedua model tersebut di harapkan dapat membuat siswa termotivasi untuk belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran yang baik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada materi penyajian data. Penelitan ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental. Quasi experimental merupakan jenis penelitian yang mempunyai kelas kontrol tetapi tidak dapat mempengaruhi variabel-variabel luar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan soal posttest. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Desain penelitian ini hanya menggunakan soal posttest yang diberikan di akhir pembelajaran, soal posttest ini digunakan untuk mengetahui keberhasilan dalam pembelajaran yang dilakukan. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa menggunakan model project based learning dan model discovery learning pada materi penyajian data di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Hasil uji manova diperoleh dari nilai Sig. < 0.05 yaitu 0.000; (2) Model Discovery Learning lebih baik digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dibandingkan model Project Based Learning dengan nilai rata-rata (60.2750 < 75.0000); (3) Model Discovery Learning lebih baik digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan model Project Based Learning dengan nilai rata-rata (77.7500 < 84.9500).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153090 ZUNAIDA KURNIA SARI
Date Deposited: 11 Jul 2019 06:55
Last Modified: 11 Jul 2019 06:55
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11987

Actions (login required)

View Item View Item