PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NIA JUNIAR FATMAWATI, 17201153192 (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (972kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (402kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Fiqih Siswa Kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Nia Juniar Fatmawati, NIM. 17201153192, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Hj. Luk-Luk Nur Mufidah, M.Pd.I Kata Kunci: Discovery Learning, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran fiqih yang disebabkan oleh rendahnya motivasi belajar yang dimiliki siswa sehingga berakibat pada prestasi yang belum maksimal. Hal tersebut disebabkan masih banyak guru yang menggunakan pembelajaran konvensional dan membuat jenuh peserta didik. Oleh karena itu peneliti beranggapan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran yang menarik diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fiqih siswa. Model Discovery Learning didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila bahan ajar tidak disajikan dalam bentuk finalnya. Siswa dituntut untuk melakukan berbagai kegiatan menghimpun informasi, membandingkan, mengkategorikan, menganalisis, mengeintegrasikan, mereorganisasikan bahan serta membuat kesimpulan-kesimpulan. Berkaitan dengan suatu model pembelajaran dikelas akan mempengaruhi berbagai aspek belajar siswanya. Salah satunya adalah terhadap motivasi belajar. Dalam faktanya, motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa keadaan, salah satu dampak yang sangat berimbas adalah prestasi belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Adakah pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? 2). Adakah pengaruh model discovery learning terhadap prestasi belajar Fiqih siswa kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? 3). Adakah pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar fiqih siswa kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan apakah ada pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. 2) Untuk menjelaskan apakah ada pengaruh model discovery learning terhadap prestasi belajar fiqih siswa kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. 3) Untuk menjelaskan apakah ada pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar fiqih siswa kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Adapun teknik sampling penelitian ini adalah purposive sampling. Sampelnya yaitu dua kelas VIIE (37 siswa) dan VII D (40 siswa). Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes soal dan kuesioner, dokumentasi. Analisis datanya menggunakan tiga uji yaitu, 1). Uji instrumen (validasi dan reliabilitas), 2). Uji prasyarat (normalitas dan homogenitas), 3). Uji Hipotesis (uji t). Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Ada pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Darul Falah Bendijlati Kulon Sumbergempol Tulungagung dengan perolehan hasil nilai sebesar 3,215 Sig. tailed 0,002 yang lebih besar dari pada dengan db = 75 pada taraf signifikasi 5% (0,05) yaitu sebesar 1,992. Nilai Sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05, 3,215 terletak diarea pengaruh positif diartinya Ho ditolak dan Ha diterima. 2. Ada pengaruh model discovery learning terhadap prestasi belajar Fiqih siswa kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung dengan perolehan hasil nilai sebesar 2,671 dengan Sig. 2- tailed 0,009 yang lebih besar dari pada dengan db = 75 pada taraf signifikasi 5% (0,05) yaitu sebesar 1,992. Nilai (2-tailed) 0,009 < 0,05. 2,671 terletak diarea pengaruh positif artinya Ho di tolak dan Ha diterima. 3. Ada pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar fiqih siswa kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung dengan perolehan hasil nilai sebesar 3,215 Karena yaitu 3,215>1,992 dan sig. (2 tailed) sebesar 0,002< 0,05, 3,215 terletak diarea pengaruh positif maka H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153192 NIA JUNIAR FATMAWATI
Date Deposited: 12 Jul 2019 02:30
Last Modified: 12 Jul 2019 02:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11959

Actions (login required)

View Item View Item