IMPLEMENTASI METODE TAJDID DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR`AN (Studi Multisitus di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Tulungagung dan Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Trenggalek)

CANDRA TRI WAHYUDI, 12505174011 (2019) IMPLEMENTASI METODE TAJDID DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR`AN (Studi Multisitus di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Tulungagung dan Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (59kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (22kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Metode Tajdid dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur`an (Studi Multisitus di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Tulungagung dan Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Trenggalek)” ini ditulis oleh Candra Tri wahyudi dengan Pembimbing Prof. Dr. H Akhyak, M.Ag dan Dr. H. Kojin, M.Ag. Kata Kunci : Metode Tajdid, Kemampuan Membaca Al-Qur`an. Penelitian dalam Tesis ini dilatarbelakangi oleh pentingnya membaca Al-Qur`an dengan fasih (lancar) dan benar sesuai dengan kaidah yaitu ilmu tajwid, makhārij al-ḥurūf (tempat keluarnya huruf), dan gharīb (bacaan asing dalam Al-Qur`an) dan kebutuhan sistem bermutu bagi anak usia lulus SD atau MI agar bisa membaca Al-Qur`an secara tartil. Sebagaimana program pembelajaran yang lain, bahwa dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur`an juga membutuhkan pengembangan baik dari segi konten maupun konteksnya. Fokus dan Pertanyaan Penelitian dalam penulisan Tesis ini adalah: (1) Bagaimana Pendekatan pembelajaran Al-Qur`an dengan menggunakan metode tajdid di SD Muhammadiyah 1 Tulungagung dan SD Muhammadiyah 1 Trenggalek?, (2) Bagaimana Strategi pembelajaran Al-Qur`an dengan menggunakan metode tajdid di SD Muhammadiyah 1 Tulungagung dan SD Muhammadiyah 1 Trenggalek?, (3) Bagaimana Teknik pembelajaran Al-Qur`an dengan menggunakan metode tajdid di SD Muhammadiyah 1 Tulungagung dan SD Muhammadiyah 1 Trenggalek?, (4) Bagaimana Evaluasi pembelajaran Al-Qur`an dengan menggunakan metode tajdid di SD Muhammadiyah 1 Tulungagung dan SD Muhammadiyah 1 Trenggalek?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data meliputi analisis data situs tunggal dan lintas situs dengan teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pendekatan Pembelajaran yang digunakan di kedua sekolah adalah pendekatan yang berorientasi pada siswa atau biasa disebut student center, (2) Strategi Pembelajaran yang digunakan di kedua sekolah menggunakan baca simak klasikal, (3) Teknik Pembelajaran yang digunakan di kedua sekolah menggunakan Teknik bernyanyi dan cerita untuk pengenalan kata kunci dan Teknik Tepuk untuk membedakan panjang dan pendek bacaan mad (4) Evaluasi yang di laksanakan di kedua sekolah dilakukan terus menerus setiap akhir pembelajaran, atau pada saat peserta didik membaca satu persatu, hasilnya ditulis pada buku prestasi peserta didik dan pada jurnal harian guru.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: M.Pd 12505174011 CANDRA TRI WAHYUDI
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:39
Last Modified: 12 Sep 2019 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11958

Actions (login required)

View Item View Item