PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS (Studi Multi Situs di MI Al Huda Karangsari Rejotangan Tulungagung dan MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung)

IRMA FAUZIAH, 17505164022 (2019) PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS (Studi Multi Situs di MI Al Huda Karangsari Rejotangan Tulungagung dan MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)

Abstract

Kata Kunci: Penerapan, Model Active Learning, Mata Pelajaran IPS Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang menarik, efektif, kreatif dan inovatif dengan pendekatan, strategi, dan metode yang sebagian besar prosesnya menitik beratkan pada aktifnya keterlibatan peserta didik. Pembelajaran konvensional yang terpusat pada dominasi guru membuat peserta didik menjadi pasif, sudah dianggap tidak efektif dalam menjadikan pembelajaran yang bermakna, karena tidak memberikan peluang kepada peserta didik untuk berkembang secara mandiri.Konsep Active Learning sesuai dengan tujuan pembelajaran IPS, diantaranya ialah bermasyarakat artinya berhubungan/interaksi dengan dunia luar dan Active Learning memuat proses kerja tim, pelibatan langsung indrawi (melihat, mendengarkan, memegang), pemecahan masalah, menjawab dan mendiskusikan dengan orang lain, keterlibatan secara mental (intelektual dan emosional), aktivitas fisik serta komunikasi dengan orang lain. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan cara guru dalam menerapkanmodel Active Learning yang beragam tersebut pada peserta didik kelas V Studi Multi Situs di MI Al Huda Karangsari Rejotangan Tulungagung dan MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung. Adapun pertanyaan penelitiannya sebagai berikut: (1) Bagaimanajenis metode berbasis model Active Learning pada Mata Pelajaran IPS di kelas V MI Al Huda Karangsari Rejotangan dan MI Darussalam I Aryojeding? (2) Bagaimana implementasi Active Learning pada Mata Pelajaran IPS di kelas V MI Al Huda Karangsari Rejotangan dan MI Darussalam I Aryojeding? (3) Bagaimana implikasi Active Learning pada Mata Pelajaran IPS di kelas V MI Al Huda Karangsari Rejotangan dan MI Darussalam I Aryojeding?. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jika ditinjau dari sudut kemampuan atau kemungkinan penelitian dapat memberikan informasi atau penjelasan maka penelitian ini termasuk penelitian termasuk penelitian deskriptif. Jenis penelitannya menggunakan rancangan studi situs. Sumber data diidentifikasikan menjadi 3 yaitu person, place, dan paper. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data kasus tunggal dilakukan melalui pengumpulan datadan membuat catatan-catatan, deskripsi dan mengklasifikasi data, visualisasi, serta analisis data lintas situs Untuk menguji data digunakan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data, uji transferabilitas, uji dependabilitas, uji konfirmabilitas. Hasil penelitannya adalah (1) Jenis Metode berbasis Model Active Learning pada Mata Pelajaran IPS peserta didik kelas V di MI Al Huda Karangsari Rejotangan adalah dimulai dengan perencanaan yaitu pemilihan masalah atau materi, penyusunan RPP yang sesuai dengan model Active Learning yang akan diterapkan yaitu strategi bermain peran, menyusun tahap-tahap bermain peran, pembuatan naskah bermain peran, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan strategi yaitu pemeranan yang berisi 3 kegiatan yaitu pendahuluan, inti dan penutup berupa evaluasi dan refleksi. Sedangkan jenis metode berbasis Model Active Learning pada Mata Pelajaran IPS peserta didik kelas V di MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung adalah dimulai dengan perencanaan yaitu analisis masalah atau materi, penyusunan RPP yang sesuai dengan model Active Learning yang akan diterapkan yaitu Card Sort, menyiapkan media pembelajaran yaitu kartu kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan strategi tersebut sesuai RPP meliputi kegiatan pendahuluan, pengondisian kelompok, pembagian kartu, pencocokan kartu, diskusi dan pemaparan hasil diskusi, refleksi serta evaluasi. (2) Implementasi strategi Active Learningpada Mata Pelajaran IPS yang dilaksanakan oleh guru Kelas V di MI Al Huda Karangsari Rejotangan Tulungagung dan MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung memuat kegiatan Komunikasi, Interaksi, diskusi, melakukan pengamatan, keaktifan fisik, keterlibatan langsung dan kerjasamamenanggapi/memberi komentar dan refleksi(3) Implikasi penerapan Active Learningpada Mata Pelajaran IPS yang dilaksanakan oleh guru Kelas V di MI Al Huda Karangsari Rejotangan Tulungagung dan MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung adalah peningkatan kemampuan mengingat dan memahami materi, peningkatan hasil belajar, kemampuan kritis dan analisis terhadap suatu masalah/soal, menumbuhkan motivasi dan minat belajar yang tinggi, memusatkan fokus dan konsentrasi dalam kegiatan belajar mengajar, membangun keterampilan kerjasama antar peserta didik, melatih kemampuan sosialisasi antar peserta didik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 2817123082 IRMA FAUZIAH
Date Deposited: 14 Aug 2019 01:37
Last Modified: 14 Apr 2020 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11933

Actions (login required)

View Item View Item