PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN INTEGRASI ISLAM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN 01 BLITAR PADA MATERI PERBANDINGAN

ISRO’ ATUL HABIBAH, 17204153265 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN INTEGRASI ISLAM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN 01 BLITAR PADA MATERI PERBANDINGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (194kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (443kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (969kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (562kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Integrasi Islam Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Blitar pada Materi Perbandingan” ini ditulis oleh Isro’ Atul Habibah, NIM. 17204153265, pembimbing Miswanto, M. Pd. Kata Kunci : Inkuiri terbimbing dengan integrasi islam, motivasi, hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran, model pemebelajaran yang kurang bervariasi dan munculnya akhlak tidak terpuji dalam diri siswa. Hal ini tentunya akan berpengaruh buruk terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, dalam pelaksanaan proses pembelajaran maka perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif dan penanaman nilai keislaman pada siswa, untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif dan penanaman nilai keislaman siswa adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan integrasi islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan integrasi islam terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTsN 01 Blitar pada materi perbandingan, (2) Adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan integrasi islam terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 01 Blitar pada materi perbandingan, dan (3) Adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan integrasi islam terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 01 Blitar pada materi perbandingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Dengan populasi seluruh siswa kelas VII MtsN 1 Blitar. Pada penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan integrasi islam terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTsN 01 Blitar pada materi perbandingan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,046 < 0,05. 2) Ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan integrasi islam terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 01 Blitar pada materi perbandingan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. 3) Ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan integrasi islam terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 01 Blitar pada materi perbandingan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153265 ISRO' ATUL HABIBAH
Date Deposited: 04 Jul 2019 06:52
Last Modified: 04 Jul 2019 06:52
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11909

Actions (login required)

View Item View Item