PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI BRUNER TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMPN 1 NGUNUT TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ULFATUR ROUDHOH, 17204153092 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI BRUNER TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMPN 1 NGUNUT TAHUN PELAJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (204kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (522kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (553kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Matematika Berdasarkan Teori Bruner Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Bangun Datar Kelas VII SMPN 1 Ngunut Tahun Pelajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Ulfatur Roudhoh, NIM. 17204153092, pembimbing :Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci : Matematika, Teori Bruner, Hasil Belajar, Motivasi Rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini penyebabnya adalah proses pembelajaran yang kurang tepat karena masih didominasi oleh paradigma pembelajaran konvensional, pengajaran yang kurang inovatif, dan objek kajian yang masih abstrak sehingga siswa cenderung pasif, siswa tidak bisa mengemukakan pendapatnya. Akibatnya, hasil belajar siswa tentang matematika sangat rendah, dan pembelajaran menjadi membosankan,sehingga motivasi belajar matematika siswa juga ikut rendah. Salah satu teori yang digunakan dalam pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa adalah teori belajar Bruner. Adapun tujuan penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika berdasarkan teori bruner terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut. 2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika berdasarkan teori bruner terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut. 3) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika berdasarkan teori bruner terhadap pemahaman konsep siswa dan motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling. Kelas VII D terpilih sebagai kelas kontrol dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan menggunakan metode tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh yang signifikan pembelajaran matematika berdasarkan teori bruner terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,006 < 0,05 dan nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153092 ULFATUR ROUDHOH
Date Deposited: 03 Jul 2019 07:27
Last Modified: 03 Jul 2019 07:27
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11903

Actions (login required)

View Item View Item