PENGARUH METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR KELAS XI DI MAN 3 BLITAR

IHDA KHOIRI NI’MAH, 17204153217 (2019) PENGARUH METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR KELAS XI DI MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (602kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (798kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Student Facilitator and Explaining Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Kelas XI di MAN 3 Blitar” yang ditulis oleh Ihda Khoiri Ni’mah, NIM. 17204153217, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Metode Student Facilitator and Explaining, motivasi belajar, hasil belajar Penelitian ini membahas tentang pengaruh metode Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa. Siswa merasa sulit untuk memahami materi matematika yang telah diberikan atau disampaikan oleh guru sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di MAN 3 Blitar, (2) untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar siswa kelas XI di MAN 3 Blitar, (3) untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI di MAN 3 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya quasi-eksperimental (eksperimen semu). Tempat penelitian ini di MAN 3 Blitar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 3 Blitar. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket motivasi yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa dan instrumen penelitian berupa soal post-test yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Sebelum digunakan untuk mengumpulkan data, instrumen dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas terlebih dahulu. Setelah data terkumpul, data tersebut kemudian dianalisis menggunakan uji manova (Multivariate Analysis of Variance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada pengaruh metode Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi belajar siswa dengan hasil uji statistik diperoleh sebesar dengan signifikansi ; (2) ada pengaruh metode Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar siswa dengan hasil uji statistik diperoleh sebesar dengan signifikansi ; (3) ada pengaruh metode Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dengan hasil uji manova diperoleh harga untuk Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root memiliki signifikansi yang lebih kecil dari . Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabar kelas XI di MAN 3 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153217 IHDA KHOIRI NI’MAH
Date Deposited: 03 Jul 2019 08:21
Last Modified: 03 Jul 2019 08:21
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11894

Actions (login required)

View Item View Item