PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 3 BLITAR PADA MATERI POKOK LIMIT FUNGSI

ELSA AINUS SIFA, 17204153197 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 3 BLITAR PADA MATERI POKOK LIMIT FUNGSI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (922kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (757kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (408kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MAN 3 Blitar Pada Pokok Materi Limit Fungsi” ini ditulis oleh Elsa Ainus Sifa, NIM. 17204153197, Pembimbing Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, minat, hasil belajar. Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa. Kajian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar matematika siswa dan hasil belajar matematika siswa serta kurangnya penerapan metode pembelajaran pada kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap minat belajar matematika siswa kelas XI MAN 3 Blitar pada materi pokok limit fungsi, 2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN 3 Blitar pada pokok materi limit fungsi, 3) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN 3 Blitar pada pokok materi limit fungsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian quasi eksperimen. Polpulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 3 Blitar. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket digunakan untuk mengukur minat belajar matematika siswa dan instrumen penelitian berupa tes digunakan untuk mengukur hasil belajar matematika siswa. Instrumen sebelum digunakan untuk menjaring data dan untuk mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian terkumpul, kemudian dianalisis menggunakan MANOVA (Multivariate Analysis of Variance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil minat belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 87,09. Hasil uji statistik diperoleh sebesar 0,097 dengan signifikansi 0,757. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 78,26. Hasil uji statistik diperoleh sebesar 244,343 dengan signifikansi 0,000. Hasil uji MANOVA diperoleh nilai Pillae Trace, Wilk Lambda, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root.x memiliki signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN 3 Blitar pada materi pokok limit fungsi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153197 ELSA AINUS SIFA
Date Deposited: 03 Jul 2019 08:19
Last Modified: 03 Jul 2019 08:19
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11893

Actions (login required)

View Item View Item