STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN BUDAYA RELIGIUS SISWA DI SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

ANA DIANING PUTRI RAHMAWATI, 17205153064 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN BUDAYA RELIGIUS SISWA DI SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (971kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Menanamkan Budaya Religius Siswa Di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Ana Dianing Putri Rahmawati, NIM. 17205153064, yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya menerapkan strategi dalam menjalankan perannya sebagai guru dalam mewujudkan budaya religius di sekolah. Melalui bimbingan, pembiasaan serta pemberian contoh pada peserta didik dalam melaksanakan kegiatan keagamaan yang diharapkan dapat tertanam perilaku religius yang akan terbawa samapai dewasa. Menanamkan budaya religius disekolah perlu dilakukan guna membentuk kepribadian anak serta sebagai perisai dalam menghadapi berbagai macam pengaruh negatif akibat perkembangan zaman. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan budaya religius dari nilai kejujuran siswa di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan budaya religius dari nilai sikap rendah hati siswa di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan budaya religius dari nilai kedisiplinan siswa di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di SD Islam Miftahul Huda ditemukan beberapa strategi guru dalam menanamkan budaya religius, sebagai berikut: (1) Strategi yang diterapkan guru dalam menanamkan budaya religius dari nilai kejujuran yaitu guru menerapkan strategi pembiasaan berkata dan berperilaku jujur, memberi contoh sikap jujur, menerapkan strategi keterbukaan dengan melakukan interaksi setiap hari, serta memberi motivasi siswa untuk senantiasa bersikap jujur. (2) Strategi yang diterapkan guru dalam menanamkan budaya religius rendah hati yaitu guru menerapkan pembiasaan budaya 5s (senyum, sapa, salam, sopan, santun), memotivasi siswa serta menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung terciptanya budaya religius rendah hati, memberi contoh sikap rendah hati,(3) Strategi yang diterapkan guru dalam menanamkan budaya religius disiplin yaitu guru menerapkan strategi pembiasaan disiplin, memberi penghargaan agar siswa selalu termotivasi untuk senantiasa disiplin, melakukan pendekatan kepada siswa yang tidak disiplin dengan memberikan respon yang baik tanpa bereaksi berlebihan, memberi nasihat agar siswa jera dan tidak mengulangi kesalahannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153064 ANA DIANING PUTRI RAHMAWATI
Date Deposited: 10 Jul 2019 02:34
Last Modified: 10 Jul 2019 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11889

Actions (login required)

View Item View Item