KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG

NUJUMUR ROSIDAH, 17207153020 (2019) KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (887kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tulungagung”, ini ditulis oleh Nujumur Rosidah, NIM. 17207153020 dibimbing oleh Indah Komsiyah, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci: Kompetensi Manajerial, Profesionalisme Guru Latar belakang masalah: Seperti halnya pada dunia pendidikan sekarang, bahwa kemampuan manajerial sangatlah penting dan harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah. Hal ini dimaksudkan agar setiap kepala sekolah mampu menjaga stabilitas sekolah. Sehingga mampu bersaing dengan kompetitornya dan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan disadari bahwa sekarang dunia pendidikan semakin berkembang akan adanya teknologi. Di MTsN 1 Tulungagung kepala sekolahnya tidak membatasi komunikasi dengan semua warga sekolah termasuk guru selaku bawahannya. Kepala sekolahnya selalu berdiskusi bersama guru untuk meminta pendapat bagaimana cara meningkatkan profesionalise guru dengan baik. Dan hal tersebut juga dimanfaatkan oleh semua guru untuk meminta pendapat kepada kepala sekolah bagaimana cara menjadi guru yang profesional disetiap mengajar, bagaimana cara agar murid bisa menerima semua materi yang diberikan dan menjadikan murid yang berkualitas. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di mtsn 1 tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di mtsn 1 tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi manajerial oleh kepala sekolah dalam meingkatkan profesionalisme guru di mtsn 1 tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk memahami dan mendeskripsikan tentang kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di madrasah tsanawiyah negeri 1 tulungagung melalui ketiga fokus tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian desripstif. Loasi penelitian: MTsN 1 Tulungagung. Sumber data: sumber kata-kata dan tindakan, sumber tertulis, dokumentasi. Metode pengumpulan data: observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data hasil penelitian lapangan: ringkasan data. Pengecekan keabsahan data: (1) Credibility (derajat kepercayaan) melalui: a. Perpanjangan keikutsertaan, b. Ketekunan atau keajekan pengamatan, c. Triangulasi (2) Transferability (keabsahan eksternal): hasil penelitian ini dianggap dapat diaplikasikan di lokasi penelitian yang lain, (3) Dependability (ketergantungan): oleh dosen pembimbing selaku editor, (4) Confirmability (objektifitas): dapat dipercaya. Setelah penulis mengadakan penelitian memperoleh hasil bahwa: (1) Perencanaan kompetensi manajerial yang dilakukan oleh kepala MTsN 1 Tulungagung meliputi: (a) Perencanaan berdasarkan visi, misi, tujuan sekolah, dan kebutuhan (need assesment); (b) Melibatkan seluruh unsur civitas akademika sekolah; (c) Melakukan rekrutmen guru GTT baru dan melakukan analisis jabatan pekerjaan; (d) dilakukan dalam rapat kerja. (2) Pelaksanaan kompetensi manajerial dalam meningkatkan profesionalisme guru yang dilakukan oleh kepala MTsN 1 Tulungagung meliputi: (a) Mengikutkan dalam diklat, seminar, maupun workshop; (b) Studi lanjut; (c) Revitalisasi MGMP; (d) Membentuk forum silaturrahim antar guru; (e) Meningkatkan kesejahteraan guru; (f) Penambahan fasilitas penunjang; (g) Mengoptimalkan bimbingan konseling; (h) Studi banding ke sekolah lain, dan (i) sertifikasi guru. Sedangkan (3)evaluasi yang dilakukan oleh kepala MTsN 1 Tulungagung meliputi: (a) melakukan supervisi, baik secara personal maupun kelompok; (b) Teknik yang digunakan adalah secara langsung (directive) dan tidak langsung (non direcvtive); (c) Aspek penilaian dalam supervisi adalah presensi guru, kinerja guru di sekolah, perkembangan siswa, RPP, dan silabus; (d) menggunakan format SKP/DP3.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207153020 NUJUMUR ROSIDAH
Date Deposited: 02 Jul 2019 06:38
Last Modified: 02 Jul 2019 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11880

Actions (login required)

View Item View Item