Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Miftahul Ulum Rejosari Kalidawir Tulungagung

Dwi Yuli, Agustin (2012) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Miftahul Ulum Rejosari Kalidawir Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (35kB)
[img] Text
12.ABSTRAK.doc

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (68kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (151kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (566kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (37kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya problematika yang dihadapi dalam proses pembelajaran IPA di MI Miftahul Ulum Rejosari karena model pembelajaran yang kurang bervariasi dan cenderung monoton, sehingga perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam hal ini yang dilakukan peneliti adalah menetapkan model pembelajaran yang akan digunakan dalam penelitian, yaitu model pembelajaran kooperatif Group Investigation pada materi Sumber Daya Alam. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Rejosari Kalidawir Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan kualitas proses pembelajaran IPA siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Rejosari Kalidawir Tulungagung melalui implementasi model pembelajaran kooperatif Group Investigation? (3) Bagaimana hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Rejosari Kalidawir Tulungagung melalui implementasi model pembelajaran kooperatif Group Investigation? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran kooperatif Group Investigation, mendeskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Rejosari Kalidawir Tulungagung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan penelitian kolaborasi, dan proses penelitian tindakan kelas ini menggunakan model siklus yang dikemukakan oleh Kemmis & MC. Taggart. Dalam penelitian ini dilakukan dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini, ditentukan kriterianya, yaitu 75%. Siswa dikatakan berhasil apabila siswa tersebut dapat menguasai atau dapat mencapai 75% dari tujuan atau nilai yang seharusnya dicapai. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode diatas dan setelah data dianalisis, akhirnya dapat disimpulkan bahwa kualitas proses pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation materi Sumber Daya Alam kelas IV MI Miftahul Ulum Rejosari telah meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi peneliti dan siswa dalam pembelajaran, serta hasil wawancara siswa. Untuk hasil observasi pada siklus I presentase aktivitas peneliti 88,46%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 96,15% pada kategori sangat baik. Sedangkan untuk hasil observasi pada siklus I presentase aktivitas siswa adalah 81,82%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 93,18% pada kategori sangat baik. Hasil wawancara yang dilakukan pada akhir siklus II terhadap 2 siswa mendapatkan respon yang positif dari siswa. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada tes akhir siklus I adalah 74,63, pada tes akhir siklus II adalah 84,14. Sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 54,54%, belum memenuhi kriteria ketuntasan yang ditentukan sebesar 75%, maka perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya, pada sklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 85,71%. Dari hasil evaluasi diketahui ada peningkatan yang signifikan dan tingkat keberhasilannya berada pada kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan siswa telah mampu memahami materi Sumber Daya Alam dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 10 Feb 2015 07:25
Last Modified: 10 Feb 2015 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1188

Actions (login required)

View Item View Item